Lihat ke Halaman Asli

Makin Digaruk, Makin Enak

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Menggaruk dianggap sebagai suatu gerakan reflek yang terjadi setelah timbulnya rasa gatal pada bagian tubuh tertentu, rasa gatal terjadi sebagai akibat dari keluarnya zat Histamin atau pengeluaran prostaglandin. histamin dilepaskan oleh tubuh sebagai reaksi atas berbagai kondisi salah satunya adalah gigitan kutu atau nyamuk, sehingga timbullah rasa gatal. Selanjutnya secara otomatis jari tangan dan kuku langsung bergerak menggaruk-garuk bagian kulit yang gatal itu.

Garukan demi garukan menimbulkan rasa lega dan nyaman pada wilayah kulit yang gatal sehingga setiap timbul gatal orang cepat-cepat berusaha menggaruk. Kalau area yang gatal berada dipunggung maka menggaruk dilakukan dengan alat bantu atau tongkat penggaruk bisa juga minta bantuan kawan atau mencari ujung tembok yang runcing kiemudian dipakai menggosok-gosokkan punggung yang gatal.

Intensitas rasa gatal terasa ada yang ringan dan cukup dengan diusap sudah terasa ok tapi ada juga rasa gatal yang tak tertahan sehingga harus segera digaruk memakai kuku baru terasa puas, menggaruk dengan cara ekstrem tidak akan menyembuhkan rasa gatal karena setelah digaruk beberapa saat kemudian gatal lagi jadi digaruk lagi.

Gatal adalah suatu pertanda bahwa ada sesuatu yang perlu mendapat perhatian bagi mereka yang merasakannya karena gatal dapat menjadi tanda awal dari beberapa penyakit   diantaranya: infeksi kulit atau akar rambut, hepatitis, kelainan metabolisme seperti diabetes dan uremia, atau allergi terhadap makanan atau obat-obatan. Untuk mereka yang terkena gatal-gatal juga diingatkan untuk memotong kuku agar tidak melukai kulit jika dipakai menggaruk, seringkali terjadi infeksi ikutan (sekunder) sehingga terjadi pernanahan.

Menggaruk- garuk bagian tubuh tertentu sering menjadi kebiasaan, begitu asyiknya sering lupa kalau sedang berada ditempat umum dan dilihat banyak orang. Walau tampan atau cantik kalau suka garuk-garuk disekitar bagiantubuh yang sensitif misal sekitar bagian tengah bawah...........maka yang melihat akan bertanya-tanya ada apa yaaa? ada juga yang menggaruk secara sembunyi-sembunyi pura-pura memasukkan tangan disaku dalam-dalam seperti mencari sesuatu padahal sedang menggaruk.

menggaruk dan mengorek seringkali kita lihat terutama yang mengorek-ngorek telinga,jari telunjuk dimasukkan keliang telinga terus digerakkan dengan kecepatan tinggi.......sampai merem melek.....biasanya liang telinga jadi bengkak karena ada infeksi ikutan. untunglah tak ada larangan menggaruk ditempat umum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline