Lihat ke Halaman Asli

Profil Staf Khusus di Kementerian

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Heboh staf khusus kementerian kemenakertrans mungkin adalah suatu puncak gunung es yang sedang terjadi disetiap kementerian .

Jika setiap menteri punya staf khusus maka kira-kira berapa jumlah orang yang diangkat jadi staf khusus ? Adakah persyaratan atau kriteria orang-orang yang diangkat jadi staf khusus itu, apakah harus punya kepakaran khusus ? Tentu persyaratan utamanya adalah punya hubungan baik dengan menteri yang bersangkutan.

Ada 1 atau 2 orang yang saya kenal diangkat jadi staf khusus menteri setelah mereka pensiun dari jabatan direktur tetapi masih dibutuhkan pengalamannya. hal yang membuat saya terkagum-kagum adalah adanya menteri yang menunjuk staf khusus menteri yang berusia sangat muda bahkan ada diantara staf khusus itu yang sudah jadi Komisaris di perusahaan -perusahaan milik negara. Ada juga staf khusus yang langsung ditunjuk menduduki jabatan Direktur.

Jadi sekarang ada jalur cepat untuk menduduki jabatan penting yaitu ikut parpol saja tak usah repot-repot mengabdi jadi PNS, yang hidup sederhana walau cerdas belum tentu dapat jabatan. Tak perlu ikut training penjenjangan pangkat dan karir, apel pagi tiap hari atau harus ditugaskan kedaerah terpencil dulu baru dapat promosi.

Seberapa pentingkah peranan staf khusus menteri ini,jika dibandingkan dengan pejabat kementerian seperti Direktur, Dirjen atau Kepala Badan? walau mereka yang jadi staf khusus ini tidak memegang jabatan formal tapi mereka bisa ikutan pada rapat-rapat proyek yang dianggap strategis, merekalah yang jadi mata dan telinga dari menteri dan mungkin juga penyambung lidah menteri.

Pejabat formal yang berada pada level direktur atau dibawah direktur kebawah tentu harus bisa menyesuaikan diri atau harus berhati-hati jika berhadapan dengan staf khusus menteri. Staf khusus tidak membuat keputusan dalam urusan formal dalam kementerian tapi mereka dapat mempengaruhi pengambilan keputusan, enaknya jika keputusan itu salah atau jadi kontroversi maka yang bertanggung jawab adalah pejabat formal bukan staf khusus.

Keinginan DPR uintuk membuat Pansus/Panja tentang staf khusus sebaiknya menyangkut seluruh kementgerian terutama kementerian yang membawahi banyak perusahaan-perusahaan yang merupakan badan usaha pengumpul duit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline