Lihat ke Halaman Asli

Postur Tubuh Bengkok atau Miring

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Terinspirasi oleh tulisan kompasioner tentang istilah ergonomis yang dimuat beberapa hari yang lalu maka saya teringat beberapa hal yang sering saya amati sehari-hari yaitu;

1) ada orang yang kalau berjalan akan kelihatan miring, ada yang cenderung miring ke kanan tapi ada juga yang miring ke kiri. Tubuh kita maupun cara kita bergerak akan mengikuti pola tertentu dalam hal ini sebagian mengikuti postur orang tua yang melahirkan kita (ayah dan ibu) tapi ada pula postur atau gerakan yang menjadi kebiasaan sebagai akibat dari kebiasaan sehari-hari apakah diperoleh melalui pelatihan atau karena pekerjaan sehari-hari misalnya: kalau kita terbiasa menjinjing tas berat dengan tangan kanan saja atau bahu kanan saja, tangan kiri saja atau bahu kiri saja maka tubuh cenderung akan miring kearah yang berlawanan pada waktu kita berjalan tanpa membawa jinjingan. Kalau kita mengangkat barang berat dengan tangan kanan maka seluruh otot tangan kanan dan bahu kanan akan bergerak mengangkat beban tersebut, tubuh sebelah kiri akan mengambil posisi menyeimbangkan yaitu berusaha menekan kearah berlawanan dari benda yang diangkat yaitu menjadi lebih miring kebawah, jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari maka secara tidak sadar lama kelamaan tubuh akan kelihatan miring kearah kiri.

Hal inilah yang mendorong terciptanya tas punggung yang bebannya jatuh di tengah sehingga bahu kanan dan kiri menanggung beban yang sama, bandingkan dengan tas yang diselempang pada salah satu bahu kita.

2) Kebiasaan naik kendaraan roda dua yang tidak seimbang antara sisi kiri dan kanan atau setiap hari mengendarai kendaraan roda dua yang setang setirnya tidak simetris. Pada waktu kita mengendarai kendaraan yang tak simetris maka tubuh berusaha menyeimbangkan agar kendaraan tetap dalam posisi tegak dan stabil untuk itu tubuh manusia melakukan kompensasi atau penyesuaian dgn sedikit memiringkan bahu tergantung keseimbangan yang diperlukan agar kendaraan tsb bisa berjalan tegak dan normal.

3) Pengaruh film western tempo dulu yaitu film koboi (cowboys) dimana kelihatan bintangnya kalau bergaya akan miring ke sebelah kiri agar mudah mencabut pestol dan sedikit membungkuk karena terlalu sering menunduk menghindari ayunan tinju lawan juga pernah menjadi trend, beberapa anak muda yang mengikuti trend ini akhirnya akan bergaya bungkuk dan sedikit miring jalannya..he he he.

Pola hidup ergonomis menjadi perhatian produsen alat kerja dan alat-alat lain untuk menjamin kenyamanan kerja dan menjaga bentuk fisiologis tubuh orang yang menggunakan. Saying sekali kebanyakan alat yang diproduksi menggunakan ukuran umum sehingga kita sebagai pemakai harus mencari cara agar posisi ergonomis kita pada waktu bekerja tetap terjaga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline