Lihat ke Halaman Asli

Sikat Gigi Berkuman

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Setiap hari orang-orang melakukan kegiatan menyikat gigiminimal dua kali sehari tapi tahukah anda ? sikat gigi kita yang sering dipakai sehari-hari Menurut laporan penelitian seorang pakar dari Inggeris sikat gigi dipenuhi oleh berjuta bakteri termasuk bakteri E.coli yang dapat menyebabkan penyakit diare atau mencret dan kuman staphylococcus yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

Kalau dibayangkan memang mungkin sedikit seram, tapi tak usah risau karena mulut kita ini bukanlah mulut yang steril dari kuman tapi juga sudah dipenuhi oleh bakteri atau kuman.

Sikat gigi yang kita beli pada mulanya masih bersih tapi karena setiap hari di masukkan kedalam mulut maka secara tak sengaja ikut berfungsi mengangkut bakteri yang ada dalam mulut dan mungkin akan singgah nongkrong disikat gigi kita, jadi setiap hari muatan bakteri pada sikat gigi akan bertambah kata peneliti peneliti dari persatuan dokter gigi Amerika.

Apakah kondisi diatas dapat menyebabkan kita jatuh sakit ? jawabnya:tidak juga peneliti menyatakan bahwa penyakit baru muncul jika terjadi ketidak seimbangan lingkungan bakteri dalam mulut.

Manusia dapat bertahan dari penyakit karena adanya kekebalan alami tubuh. menyimpan sikat gigi dalam ruang toilet yang sempit menyebabkan sikat gigi berada dekat dengan toiletdan kemungkinan akan terkena percikan air dari lubang toilet pada waktu flash, cucilah tangan sebelum menyikat gigi dan sesudahnya.

Berhatil-hatilah menyimpan alat makan minum yang berdekatan dengan toilet agar jangan terpercik air flus dari toilet, demikian juga tangan kita harus selalu dibersihkan sekeluarnya dari toilet.

Tips mengamankan sikat gigi sbb;

Cucilah sikat gigi anda dengan air bersih sebelum dan sesudah dipakai, tempatkan jauh dari lubang toilet. Jagalah agar sikat gigi selalu kering, sikat basah lebih disukai kuman, jangan menutup sikat gigi dengan cover karena akan sukar mengering. Letakkan dalam posisi berdiri, pakailah sikat gigi sendiri, jangan menyimpan sikat gigi dalam keadaan bersinggungan dengan sikat gigi orang lain termasuk sikat gigi saudara tersayang anda. (disadur dari WebMd)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline