Lihat ke Halaman Asli

Asri Imani

tetap semangat

Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Diperbarui: 1 November 2021   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Evaluasi merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran karena anak usia dini memiliki karakteristik yang berbeda dan unik dibanding anak usia sekolah. Evaluasi sendiri memiliki pengertian proses yang sistematis tentang penafsiran, pengumpulan, penganalisisan, dan juga keputusan tentang informasi yang telah dikumpulkan. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pendidik  dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya atau untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kelemahan suatu proses pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

Tujuan evaluasi terhadap pembelajaran anak usia dini diantaranya yaitu :

1.  Memperbaiki kegiatan pembelajaran sesuai dengan perkembangan anak usia dini

2.  Mengidentifikasi kebutuhan dan minat anak

3.  Mengembangkan kurikulum pendidikan

4.  Mendeteksi perkembangan anak usia dini seperti masalah kesehatan anak, motorik anak, bahasa, kognitif, serta perkembangan sosial-emosional anak

5.  Mengevaluasi akuntabilitas lembaga dan juga program pendidikan

Adapun beberapa istilah dalam evaluasi, yaitu :

a)  Evaluasi. Evaluasi dapat juga dikatakan sebagai proses memperoleh, merencanakan, dan memuat informasi yang sangat penting dan diperlukan untuk membuat suatu keputusan.

b)  Penilaian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline