Faktanya Manajemen ada dimana saja
Dalam kehidupan kita sehari-hari baik dikegiatan organisasi formal maupun informal pasti kita sering mendengar kata-kata mengatur, mengkordinasikan, mengusahakan, perencanaan, mengelola, penggerakan, pengawasan dan sebagainya dalam pengertian sederhananya bisa disebut Manajemen dan orang yang bertanggung untuk melaksanakan manajemen tersebut disebut manajer.
Secara umum manajemen adalah
suatu proses mengkordinasi dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja secara terus-menerus agar diselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain dan banyak pula pengertian manajemen dari beberapa ahli yang semuanya bertujuan untuk tujuan organisasi bisa tercapai.
Disadari atau tidaknya Manajemen ditemukan dimana saja dalam kegiatan kita sehari-hari misalnya saja, dibidang bisnis dan penindustrian, pendidikan formal dan informal, perdagangan tradisional maupun modern, pemerintahan pusat sampai kedesa sekalipun semuanya didasari dengan Manajemen sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
"Manajemen ada disektor kehidupan ditingkatan-tingkatan kehidupan setiap orang."
Dengan unsur-unsur manajemen yakni manusia yang menjadi faktor utama yang menjalankan manajemen bisa berjalan dengan baik, disertai keuangan yang sangat berpengaruh dalam proses kegiatannya, serta ketersedian bahan dan mesin yang diperlukan dengan pengunaan metode yang sesuai bahkan peluang pemasaran yang menghasilkan keuntungan untuk organisasi.
Mengapa Manajemen diperlukan ?
- Untuk hidup masa kini
Manajemen menjadi standar untuk mencapai tujuan dan sangat perlu dilakukan dimasa kini oleh oraganisasi
- Membangun masa depan
Supaya dapat membangun masa depan yang lebih baik lagi dan dapat teruskan dan dijalankan kembali oleh
generasi yang akan datang.
Dimana pun posisi kita berada baik itu dilingkungan formal maupun Informal, resmi atau bebas, kalangan negeri ataupun swasta, perusahaan besar maupun kecil, kelompok maupun perorangan, skala besar, menegah maupun kecil semua melakukan kegiatan Manajemen.
Yang dapat dikategorikan kedalam bidang-bidang pemasaran, operasional, keuangan, bahkan kesumber daya manusia guna mencapai hasil dan tujuan yang telah ditentukan.