Lihat ke Halaman Asli

Asri Asmaussani

Mahasiswa kewirausahaan universitas pendidikan indonesia

Pengembangan Potensi Produk Ekspor: Furniture AJA DECORINDO

Diperbarui: 11 November 2022   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kayu dan Furniture salah satu komoditas yang di tetapkan kementrian perdagangan sebagai salah satu dari komoditas ekspor potensial. Gagasan "Dekorasi Kayu Indonesia Menjadi Idola di Eropa" diterapkan karena produk kayu yang berasal dari Indonesia memang sangat terkenal dengan kualitasnya. Bahkan, Sertifikat Legalitas Kayu (SLK) yang diterapkan oleh Indonesia telah diakui dengan adanya FLEGT-VPA untuk bekerja sama dengan Uni Eropa. Kebutuhan produk berbahan dasar kayu banyak diminati oleh negara - negara Eropa karena di sana sedikit pengerajin yang membuat produk dari bahan dasar kayu. Negara Eropa memiliki potensi tinggi untuk ekspor produk kayu dengan nilai lebih dari 1 miliar dolar amerika.

Produk kayu memiliki total 44 kode HS yang menjadikan peluang besar untuk menembus pasar dunia. Indonesia memiliki potensi produk kayu yang tinggi karena memiliki sumber daya yang melimpah. Kayu jati merupakan kayu favorit untuk dijadikan produk dengan kualitas ekspor. Kayu jati yang berasal dari Indonesia juga telah dikenal sebagai kayu yang memiliki kualitas baik dengan didukung dengan kekuatan serta daya tahannya yang lama. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena kayu jati dianggap akan awet dan tidak mudah rusak jika dijadikan Furniture atau hiasan rumah.

Furniture (mebel) meliputi perlengkapan rumah tangga seperti kursi, meja, tempat tidur, lemari dan lainnya yang menunjang aktivitas keseharian dan memberikan rasa nyaman untuk kehidupan. Perabotan rumah tangga ini bisa terbuat dari plastik, logam, bambu, kayu dan lain sebagainya. Furniture untuk produk artistik biasanya terbuat dari kayu pilihan dengan tekstur dan warna menarik yang dikerjakan dengan penyelesaian akhir yang halus, untuk saat ini negara yang menjadi tujuan kami ada 4 negara yaitu Jepang, Malaysia, Belanda dan Prancis.

Produk furnitur yang akan kami ekspor merupakan furnitur yang dapat menjadi suatu kebutuhan rumah seperti kursi dan meja, barang ini sangat menjadi suatu kebutuhan, bahkan tak jarang seseorang ada yang melihatnya sebagai karya seni, dan tidak untuk menjadi suatu kebutuhan tapi juga keinginan untuk memilikinya dan hanya di gunakan sebagai penghias yang bisa melengkapi suatu keindahan di dalam dan di luar rumah.

Produk yang dibuat oleh Aja Decorindo adalah furnitur yang asli dan masih memiliki sentuhan budaya etnik untuk segaligus banyak memperkenalkan apa yang menjadi ciri khas di indonesia, dari sekian banyak kompetitor yang mengembangkan produknya menjadi lebih modern dengan bahan baku yang sama yaitu kayu, kita justru mempertahankan apa yang menjadi ciri khas Negara Indonesia dari keterampilan membuat furniture berbahan baku kayu, dengan mengandalkan sumber daya manusia yang ahli dalam proses pembuatannya dan bahan baku yang melimpah dari situ kami mengembangkan produk tanpa menghilangkan keaslian dari ciri khas produk bangsa ini. Perusahaan yang kami bangun beridiri sejak 2022, dalam pembentukannya kami terdiri dari 3 Mahasiswa di kampus berbeda yaitu Universitas Gajah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, dan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, kami membentuk tim sejak adanya pelaksanaan tugas dari Sekolah Ekspor pada saat mengikuti study independent. 

Kayu yang kami pilih adalah kayu jati karena memiliki ketahanan yang baik serta mudah untuk diolah. Selain dari hal tersebut, kayu jati dari indonesia khususnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki tekstur yang halus serta lebih kuat daripada kayu jati jenis lain di Indonesia.

Menjamin desain yang etnik dengan pilihan kulialitas material yang terbaik untuk membuat nyaman dan aman pengguna dalam pemakaian, produk akan dikemas sedemikian rupa agar rapih dan aman pada saat pengiriman jarak jauh, dan menjamin kualitas produk utuh sampai tujuan : 

1. Desain yang sangat original dengan tujuan tidak menghilangkan etnik dari mana produk ini dibuat dan juga mudah untuk dikemas.

2. Kualitas Kualitas produk tentunya dibuat dari bahan kayu pilihan terbaik, agar produk awet dan nyaman saat digunakan. 

3. Packing Pengemasan yang rapih dan aman, agar dapat menjaga kualitas produk tetap utuh dampai tujuan. 

Produk dekorasi rumah yang kami buat diproses melalui tahapan pemotongan, penyambungan, penghalusan, pemberian corak, dan pemberian bahan pelapis untuk finishing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline