Lihat ke Halaman Asli

Asap Rokok dan Anemi pada Ibu Hamil

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Asap rokok mengandung banyak sekali bahan beracun yang ketika kita hirup akan menimbulkan berbagai penyakit. Bagi masyarakat awam, kesehatan dianggap masalah yang tidak penying bahakan kadang kala mereka tidak memperdulikan kesehatan diri. Asalkan kebutuhan sehari- hari terpenuhi, kesehatan diabaikan.  Rokok merupakan salah satu penyumbang angka kematian di negara- negara berkembang. Tidak adanya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatannya lebih memperburuk situasi tersebut. Padahal banyak sekali dampak negatif yang bisa terjadi ketika kita mernghirup asap rokok , misalnya saja ketika yang menghirup asap roko tersebut adalah seorang ibu hmil. Ketika seorang ibu hamil selalu terpapar pleh asap rokok maka besar kemungkinan ibu tersebut akan mengalami anemia dan tentu saja hal itu juga akan mempengaruhi kondisi janin yang dikandungnya. Kandungan karbondioksida dalam asap rokok akan mengikat hemoglobin dalam darah yang mengakibatkan berkurangnya kerja hemoglobin yang seharusnya mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Meroko juga menghambat penyerapan vitamin B dan C serta asam folat (B9) yamg berperan dalam pembentukan darah(Curtis,2008)

kandungan karbon monoksida dalam asap rokok juga mengakibatkan distribusi zat makanan dan oksigen yang akan disalurkan ke dalam janin terganggu, sehingga menyebabkan terjadinya anemia dan bayi lahir prematur (Amiruddin,2006)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline