Lihat ke Halaman Asli

Aspiansyah Tibyan

Catatan harian dari penyangga IKN Nusantara.

Catatan Harian dari Penyangga IKN Nusantara ke 9

Diperbarui: 11 Juli 2022   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

catatan harian penyangga ikn nusantara | sumber gambar: canva

Seorang wakil rakyat harusnya menjadi motivator rakyat, bukan provokator rakyat. Seorang wakil rakyat harusnya adalah seorang negarawan, yang memikirkan suatu negara sebagai satu kesatuan yang utuh. Tidak parsial. Tidak hanya berfokus pada kepentingan golongannya saja, atau yang lebih parah lagi hanya mementingkan kepentingan pribadi.

Seorang wakil rakyat harus cerdas dan mengedepankan sikap ilmiah. Bukan emosional. Sebagai contoh membabi buta bersikap oposisi terhadap kebijakan pemerintah, meski kebijakan itu sangat baik bahkan sudah berdasarkan kajian ilmiah.

Perhatikan kawanku para wakil rakyat yang selalu kontra pada pemindahan ibu kota! Pembangunan IKN di Kalimantan itu tidak menuntut harus jadi dalam satu malam. Pembangunan IKN itu adalah pembangunan multi-years

Pembangunan IKN adalah program bertahap dan jangka panjang. Jadi, tolong jangan mengkambing-hitamkan IKN atas defisit APBN. Iya, APBN yang puluhan tahun sejak kita merdeka dan bersatu sebagai Indonesia juga ada kontribusi Kalimantan di dalamnya itu.

Kalau Jakarta ternyata nanti benar - benar tenggelam, siapa yang mau bertanggung jawab? Siapa nanti yang akan kalian salahkan? Pasti nanti semua akan lepas tangan. 

Semua nanti akan bilang itu kesalahan pemerintah masa lalu yang tidak bisa mengantisipasi masa depan. Sialnya, pemerintah masa lalu yang akan kalian salahkan di masa depan nanti tidak bisa lagi membela diri. 

Saya juga mengerti kok, politik (praktis) hanyalah soal persepsi dan bagaimana kita mengelola emosi kolektif bangsa. Urusan sepele tetek bengek bisa menyedot energi bangsa kalau kalian desas-desuskan lewat media.

Berapa kali harus saya bilang, kalau urusan pemindahan IKN ke Kalimantan ini bukan persoalan remeh temeh. Pemindahan IKN ke Kalimantan adalah lompatan peradaban untuk Indonesia maju di masa depan. Dan untuk memperkuat integrasi kita sebagai sebuah bangsa.

Untuk menyelamatkan Jakarta juga. Untuk pemerataan ekonomi dan keadilan geografis bagi wilayah Indonesia Timur dan Tengah juga Barat bagian Sumatera. 

Coba kalian pelototi lagi peta nusantara. Lihatlah sampai ke dalam - dalam tanahnya. Perhatikan aliran urat - urat gempa. Di manakah wilayah yang relatif paling aman? Kenapa kalian menutup mata? Pura - pura tidak tau, hanya demi urusan perut dan demi dapat jatah pembagian kue pembangunan yang lebih besar?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline