Lihat ke Halaman Asli

Aspar

Guru

Reflkesi Dwi Mingguan Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Diperbarui: 22 Maret 2023   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Oleh. Aspar

CGP A.6.18 Sumatera Barat

Pembelajaran modul 3.2 menekankan pada pengelolaan sumber daya sekolah. Guru sebagai pemimpin pembelajaran dituntut memiliki kompetensi melakukan pengelolaan sumber daya tersebut. Pembelajaran mengikuti alur MERDEKA, yakni dimulai dari "Mulai dari diri" hingga aksi nyata. Untuk mendokumentasikan perasaan, pengalaman, gagasan serta aksi nyata yang dilakukan, berikut ini jurnal refleksi dwi mingguan saya. Refleksi ini menggunakan model 4 F, yakni Facts (peristiwa), Feelings (perasaan), Findings (pembelajaran), dan Future (penerapan ke depan).

Fact (Fakta)

Modul 3.2 ini memberikan pengetahuan baru bagi saya tentang pengetahuan seputar aset sekolah yang bisa dijadikan modal dalam mencapai visi sekolah, Modul ini juga memberikan pengalaman yang menambah pemahaman saya apa saja objek yang termasuk dalam aset sekolah. Modul  3.2 juga menjelaskan perbedaan antara pendekatan berbasis kekurangan dan pendekatan berbasis aset.

Ruang kolaborasi mengelompokkan CGP dalam kelompok PP masing-masing. Diskusi diarahkan pada pemetaan aset di salah satu sekolah CGP. Pemetaan diarahkan pada aset-aset sekolah didasarkan pada 7 modal yang dimiliki sekolah. Hasil diskusi dipresentasikan dan diunggah pada laman LMS. Kegiatan ini menambah pemahaman saya tentang bagaimana seharusnya menjadi pemimpin pembelajaran.

Kegiatan di modul 3.2 ini diakhiri dengan kegiatan diskusi virtual di ruang Elaborasi pemahaman bersama instruktur nasional. Pemaparan materi yang disampaikan instruktur sangat jelas dan rinci sehingga saya pribadi yang belum begitu paham tentang materi modul 3.2 mendapatkan banyak pencerahan dari pertemuan virtual ini.

Feeling (Perasaan)

Mengikuti pembelajaran pada modul 3.2 memberikan pengalaman baru bagi saya. Saya menjadi lebih memahami bahwa guru yang berperan sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu melakukan pengelolaan sumber daya di sekolah. Mempelajari modul ini saya jadi tahu bahwa aset sekolah bisa dijadikan modal utama dalam mencapai sebuah visi sekolah dengan sukses. Bagaimana kita bijak dan terampil dalam mengelola aset sekolah dan memanfaatkan sebaik-baiknya secara bijak untuk mendukung pembelajaran yang berpihak pada murid, untuk membantu siswa menemukan kemerdekaan belajarnya, untuk menanamkan karakter mulia dan budi pekerti luhur ada siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline