Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam

Diperbarui: 20 Januari 2023   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Suatu kemajuan suatu negara tidak terlepas dari pendidikan, karena pendidikan adalah modal utama bagi seseorang untuk perkembangan dan kemajuan negara. negara yang maju pasti memiliki pendidikan yang sangat kuat dan melakukan sesuatu dengan sangat baik.

Pendidikan memiliki program yang disusun seraca logis dan sesuai dengan perkembangan seorang anak. Program tersebut dinamakan Kurikulum. Kurikulum

adalah bagian yang paling penting dalam sebuah pendidikan.

Kurikulum adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. kurikulum itu merupakan program pendidikan bukan program pengajaran, yaitu program yang direncanakan, diprogramkan dan dirancangkan yang berisi berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar baik yang berasal dari waktu lalu, sekarang maupun yang akan datang. Berbagai bahan tersebut direncanakan dengan memperhatikan keterlibatan berbagai faktor pendidikan secara harmonis. Sehingga kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan.

Diantara kurikulum yang dilaksanakan 10 tahun terakhir ini Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) yaitu pada tahun 2006 dan kurikulum 2013. Perbedaan paling mendasar antara KTSP dengan Kurikulum 2013 yaitu dalam KTSP, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan

Sebagai contoh adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang merupakan bagian dari pendidikan agama di Indonesia mempunyai tempat yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Secara hierarkis, standar isi kurikulum

PAI 2013 dijabarkan dalam bentuk: Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Dalam upaya pengembangan kurikulum ini banyak kita jumpai berbagai macam

permasalahan yang menyertainya. Salah satunya adalah saat ini pengembangan

kurikulum belum berorientasi pada kepentingan peserta didik, padahal peserta didik adalah sebagai objek utama. Untuk mengatasi permasalahan yang selalu menyertai pengembangan kurikulum, diperlukan strategi yang tepat agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline