Lihat ke Halaman Asli

Lindungi Anak Anda dari Penyakit Cacar Air dengan Imunisasi

Diperbarui: 25 Mei 2017   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Cacarair, alias chickenpox (varisela), adalah infeksi virus pada kulit dan membranmukosa yang menyebabkan lenting pada seluruh tubuh dan wajah. Penyakit inidapat menular ke orang yang belum pernah menderita cacar air atau belum pernahmenerima vaksin cacar air. Penyebabnya yaitu virus herpes yang disebut denganvirus varicella-zoster. Virus ini menyebabkan cacar air pada anak-anak danshingles (herpes zoster) saat dewasa. Shingles lebih terasa nyeri dan dapatmengakibatkan komplikasi yang berat.

ciri penyakit cacar air

penyakit cacar air memiliki ciri yang sangat khas yaitu munculnya benjolan yang kecil mirip bisul kecil namun berisi air dengan dinding tipis dengan biasanya di istilakan dengan plentingan . atau dalam bahasa kedokteran di sebut viksel atau visekula. pada awalnya muncul kemerahan pada kulit kemudian bermetamorfosis menjadi lentingan berisi  cairan yang menyebar hampir keseluruh tubuh  bahkan di bagian mata , hidung dan rongga mulut juga tak luput dari serangan penyakit cacar air .

di daerah kami masih banyak yang mempercayai di pengobatan tradisional  yang menjadi resep tuurn temurun orang tua kami , membuat ada beberapa cara pengobatan tradisional masih di jalankan .

Ada yang mengatakan bahwa penderita cacar air tidak boleh mandi, padahal mitos ini sama sekali tidak benar karena seharunya penderita harus tetap mandi untuk mencegah kuman menginfeksi kulit karena tidak pernah dibersihkan.namun mencegah timbulnya cacat luka cacar maka sangat di sarankan untuk menggunakan handuk yang lembut,setelah mandi pakailah bedak yang mengandung menthol salicyl untuk mengurangi rasa gatal .

penyebab dan gegala cacar air

 penyakit cacar air merupakan  salah satu penyakit kronis yang di sebabkan oleh virus varicella zoster yang menyerang karingan kulit dan selaput luar pada dinding bagian  rongga mulut ( mokusa) penyakit ini di tularkan melalui aerogen  atau jaringan pernapasan bagian  atas .Proses perjalanan virusVaricella zoster masuk ke tubuh penderita umumnya adalah melalui saluran danrongga pernafasan bagian atas, setelah itu virus mulai bergerak dengan caramultifikasi atau memperbanyak diri, kemudian menyebar ke seluruh jaringan yangmerupakan saluran dari darah dan getah bening .

bila penderita tidak memiliki sistem imunitas ( kekebalan tubuh ) dan daya tahan tubu  yang kurang baik maka virus akan menyebar keseluruh tubuh  terutama pada bagian kulit dan mokusa .masa inkubasi cacar air muali dari masuknya virus  varicella zoster sampai timbulnya gejala  dan ciri khas umumya berkisar 2-3 minggu  namun semua tergantung pda kondisi tubuh penderita .

Tanda awal atau (prodromal) pada penderita cacar air  pada anak-anak adalah timbulnya rasasakit kepala, demam, lemah, lesu, dan nyeri sendi selama beberapa hari, setelahitu muncullah bercak- bercak pada kulit  atau seperti bisul yang berisiair dengan dinding yang tipis (plentingan) yang umumnya muncul di bagian perut,dada, dan punggung, kemudian diikui  dibagian anggota gerak tubuh danwajah .

Setelah itu muncullah ruam, bercak atau plentingan pada beberapa bagian tubuh dalam jumlah yang sedikit, namun seiring dengan perjalanan waktu plentingan tersebut semain banyak dan biasanya hampir memenuhi seluruh tubuh, termasuk bagian mata, rongga mulut, hidung, dan telinga. Bisa juga terjadi komplikasi jika memang parah.

pencegahan penyakit cacar air

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline