Lihat ke Halaman Asli

asmira azra

Mahasiswa

Mahasiswa PMM UMM Gelombang 1 Kelompok 4 Memberikan Motivasi dalam Meningkatkan Daya Literasi Anak-Anak di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Kota Malang

Diperbarui: 30 Agustus 2024   03:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Kota Malang - Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) mejadi wadah bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk dapat menyalurkan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. PMM ini memiliki tujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Tim PMM UMM Bhaktiku Negeri gelombang 1 kelompok 4 yang memiliki Koordinator kelompok bernama Asmira Azra Ainun dengan 4 anggota yaitu Muh. Syarif Fadhillah, First Hara Kalla Pawa, Andi Muh. Imam Khadafi, Aryaguna T. Ibrahim serta didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Nur Putri Hidayah,A.Md., SH.,MH berhasil melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat yang menjadi salah satu tridharma perguruan tinggi. Kegiatan ini berlangsung pada 18 Juli 2024 sampai dengan 19 Agustus 2024 di Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Tim PMM UMM gelombang 1 kelompok 4 melangsungkan program pengabdian masyarakat dengan sub tema peningkatan literasi. 

Literasi secara umum merujuk pada kemampuan untuk membaca dan menulis. Namun, istilah ini juga mencakup keterampilan tambahan seperti pemahaman teks, analisis informasi, dan penggunaan kemampuan membaca dan menulis dalam konteks yang lebih luas. Selain itu, ada berbagai jenis literasi, seperti literasi digital (kemampuan menggunakan teknologi digital), literasi finansial (pemahaman tentang pengelolaan uang), dan literasi media (kemampuan untuk mengevaluasi dan menggunakan informasi dari media).

Literasi memiliki peran  yang sangat penting sebagai fundamental kehidupan, sehingga aspek ini menjadi fokusan yang cukup urgent dalam penanaman pendidikan sejak usia dini. Literasi memungkinkan individu untuk membaca, menulis, dan memahami informasi, yang mendukung komunikasi efektif dan pembelajaran sepanjang hayat. selain itu Kemampuan literasi mendukung partisipasi aktif dalam masyarakat, termasuk dalam diskusi publik dan pemilihan politik. Literasi memfasilitasi keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dengan memungkinkan seseorang untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi secara efektif. Secara keseluruhan, literasi merupakan dasar bagi perkembangan pribadi dan profesional serta kontribusi terhadap masyarakat yang lebih inklusif dan berinformasi.  

Dalam hal ini Literasi di tataran anak-anak panti asuhan menjadi fokusan yang cukup penting juga mengingat negara Indonesia memiliki Indeks Literasi yang cukup rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Maka sedari usia dini diusahakan agar kemampuan berliterasi harus mulai ditingkatkan agar perkembangan anak-anak bangsa dapat meningkat guna kemajuan serta perkembangan bangsa Indonesia. Terkhususnya pada anak-anak di panti asuhan, mereka yang tidak dapat memiliki kesempatan yang cukup seperti anak-anak lainnya memerlukan pendidikan serta akumulasi ilmu pengetahuan yang komprehensif sehingga nantinya mereka dapat memiliki kesempatan dan proses yang sama dengan anak-anak lainnya. Untuk itu tim PMM UMM gelombang 1 kelompok 4 menginisiasikan program peningkatan Literasi bagi anak-anak Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Kota Malang. Dalam program tersebut tim PMM UMM gelombang 1 kelompok 4 melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah dirancang didalam internal kelompok agar tujuan dalam peningkatan Literasi tersebut dapat berjalan dengan lancar. 

"Dikarenakan sebab tersebut maka anak-anak di panti asuhan juga sangat memerlukan setidak-tidaknya minat literasi yang tinggi. Di dalam panti asuhan, literasi  dapat membantu anak-anak untuk mengejar pendidikan dengan lebih baik, memahami materi pelajaran, dan mengakses informasi yang diperlukan untuk belajar dan berkembang. Kemampuan membaca dan menulis yang baik membuka peluang untuk pendidikan lebih lanjut dan karir di masa depan, meningkatkan kesempatan mereka untuk sukses di masyarakat. Literasi juga meningkatkan keterampilan untuk mengelola kehidupan sehari-hari, seperti membaca label, mengisi formulir, dan memahami informasi penting tentang kesehatan dan hak-hak mereka. Serta literasi memungkinkan anak-anak untuk berkomunikasi lebih efektif, membangun hubungan, dan mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik. Dengan mendukung literasi, panti asuhan dapat memberikan dasar yang kuat bagi anak-anak untuk mencapai potensi penuh mereka dan membangun masa depan yang lebih baik." ungkat Asmira Azra Ainun sebagai Koordinator Kelompok. 

Dokumentasi Pribadi

"Dengan adaya program ini, anak-anak di panti asuhan ini menjadi lebih aktif dalam membaca buku sampai dengan minat belajar yang sangat tinggi. Saya sangat terbantu dengan adanya teman-teman PMM di panti asuhan ini dikarenakan selain mereka memiliki minat literasi yang tinggi, juga para pengasuh serta pengajar di panti asuhan ini menjadi sangat terbantu. Saya sangat berterimakasih kepada tim PMM UMM kelompok 4 yang telah banyak membantu di panti asuhan ini." ungkap Hasanah salah satu pengasuh panti asuhan Akhlaqul Karimah Kota Malang. 

Melalui kegiatan yang telah berlangsung, tim PMM UMM gelombang 1 kelompok 4 berharap agar anak-anak panti asuhan Akhlaqul Karimah Kota Malang meningkat daya literasinnya agar potensi-potensi yang ada didalam diri mereka bisa berkembang secara optimal. Selain itu, diharapkan agar pengurus, pengasuh, serta pengajar panti asuhan Akhlaqul Karimah Kota Malang dapat melanjutkan kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat bagi anak-anak Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Kota Malang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline