Lihat ke Halaman Asli

Jogjakarta, Kota Impian dan Kota Kerinduan

Diperbarui: 22 Januari 2016   04:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Candi Prambanan | AIJ"][/caption]

Berbagai kota yang berdiri di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dengan keunikan yang dimiliki disetiap kota masing-masing. Tentunya juga menyimpan kekurangan dan kelebihan bagi warganya sendiri, juga pengunjungnya.

Hal yang sama di Kota Jogjakarta. Sepenggal tanah yang mulai berkuasa dari zaman Mataram Kuno, Mataram Islam, dan sampai sekarang, Ngayogyakarta Hadiningrat. Sejarah yang panjang tentunya dialami Kota Jogjakarta, hingga sekarang Kota Para Raja ini tetap istimewa.

Perubahan zaman yang terus berkembang mengantarkan Jogjakarta mengalami perubahan, tanpa kehilangan identas dirinya sebagai Kota Raja, Kota Religius, dan Kota Budaya. Tak hanya  warganya saja terkagum-kagum apa yang sudah mereka miliki, namun dari berbagai penjuru dunia. Begitu banyaknya wisatawan asing yang keluar-masuk dari Bandara Internasional Adisucipto, membuktikan bahwa Jogja selalu jadi sorotan masyarakat dunia.

Jogjakarta yang disematkan sebagai Kota Pelajar pun mengundang generasi bangsa untuk menimba ilmu pengetahuan di sana. Dari pelosok desa (daerah tak tersentuh pemerintah), sampai kota-kota lainnya yang ada di Indonesia, berbondong-bondong   mendaftarkan diri sebagai mahasiswa.

Terbenamlah di benak adik-adik SMA, jika tamat nanti akan melanjutkan ke Universitas Gajah Mada. Sebuah impian tentunya bagi calon generasi bangsa untuk dirinya sendiri, juga untuk agama dan Negara.

[caption caption="Sawah Berlangit Biru, Kulonprogo, Jogjakarta"]

[/caption]

Atas anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa, Jogjakarta dilimpahi berbagai kekayaan alam. Mulai dari hasil bumi, sampai keelokan setiap jengkal tanahnya yang terhampar luas di Kota Gudeg ini. Dari utara sampai ke selatan, dari barat sampai timur, Jogjakarta memesonakan setiap pengunjung yang datang ke sana. Sebuah kota di bagian pulau Jawa Tengah ini menjadikan kota impian bagi setiap orang yang mendengar keistimewaaanya.

Dihuni oleh warga Jawa yang berdudaya, bertutur kata lembut nan santun, dan ramah-tamahnya, tak heran jika wisatawan menilai warga Jogjakarta adalah ras yang sangat menyenangkan. Bahkan juga banyak sekali warga asing yang sudah menetap dan bercampur baur dengan warga lokal. Ini adalah kekayaan Jogjakarta yang sebenarnya, memiliki warga yang mampu menarik manusia dari golongan apa saja di tanah mereka. Dan toleransi yang tak diragukan lagi.

Kota yang paling aman di Indonesia ini juga menjadikannya sebagai kota impian bagi setiap warga di kota lainnya, yang ingin berpindah ke sana. Bukankah memang manusia ingin hidup nyaman, tentram, dan aman? Mungkin juga sebagian warga di belahan kota lainnya sudah jenuh dengan huru-hara yang mendera setiap hari di kotanya.

Keamanan adalah salah satu yang paling penting dalam kehidupan manusia. Juga sebagai dasar untuk kemajuan suatu daerah menuju yang lebih baik. Apa jadinya jika daerah mempunyai sumber daya alam dan sumber manusia yang berkualitas, namun tidak merasakan ketenangan? Tentu saja daerah itu jalan di tempat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline