Lihat ke Halaman Asli

Pantai Pok Tunggal dan "Misterinya"

Diperbarui: 10 Januari 2016   17:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Foto Pantai Pok Tunggal dari Bukit Panjung"][/caption]

Perbukitan yang cukup gersang, namun ditumbuhi juga pepohonan hijau menyejukkan mata  yang memandang, serta jalan berliku menciutkan nyali. Selamat datang di pantai Pok Tunggal.

Gunung Kidul lokasi pantai yang sangat populer wisata Jogja ini memang terus dilestarikan oleh dinas pariwisata dan warga setempat. Tak heran pula dari berbagai pengunjung nasional bahkan internasional selalu mencari informasi terbaru objek wisata di selatan Jogjakarta ini.

Satu di antara jejeran pantai Laut Selatan ini adalah pantai Pok Tunggal yang terletak di Desa Tepus. Jika dari pusat Kota Jogjakarta menuju pantai tersebut memakan waktu berkisar dua jam lebih.

Keunikan dari pantai Pok Tunggal adalah pohon pok yang tumbuh tak jauh dari bibir pantai. Konon dari informasi yang didapat, pohon pok itu sulit tumbuh, apalagi dilestarikan. Karena itu pula banyak sekali wisatawan yang penasaran bagaimana bentuk pohon yang dijadikan icon pantai Pok Tunggal. 

Kalau kita ketik keyword “Pok Tunggal” di google, maka akan muncul sebatang pohon beranting banyak digantungi dedaunan hijau yang tumbuh di pasir putih pantai. Sungguh menawan nan indah memang. Menggugah hati ingin segera ke sana.

Upss … tapi tunggu dulu! Sebagai penulis yang bertanggungjawab atas berita perjajalannya, kami tidak mau dianggap marketing objek wisata. Menutupi kekurangan objek wisata yang diulas. Pernahkah pengunjung membaca artikel wisata, kemudian berkemas diri mengunjungi wisata yang baru saja dibaca? Kemudian sedikit kecewa karena tidak sesuai dengan informasi yang baru saja didapatkan. 

Sekitar tiga minggu yang lalu kami berkunjung ke pantai Pok Tunggal, dengan rasa penasaran yang menggebu-gebu, bagaimana “rupawannya” pantai Pok Tunggal dengan icon pohon pok itu. Ya, sekarang pohon itu tidak berdaun rindang lagi, daunnya berguguran, ranting-ranting yang “mencakar” langit itu semakin jelas.

Dan pertanyaannya adalah: Apakah pohon itu “rupawan bin cantik”? Jawabannya dari kami adalah pohon itu eksotik. Nah, jika pengunjung datang ke sana silahkan beri tanggapan sendiri, yang jelas tidak seperti foto yang beredar di internet. Yang perlu diketahui adalah mungkin saja foto tersebut diambil tahun-tahun lalu.

Selain pohon pok itu sendiri yang eksotik, pantai berpasir putih lembut ini ditumbuhi batu karang di bibir pantai. Biru kehijauan airnya memanjakan mata betah memandangnya. Untuk menikmati keseluruhan pantai Pok Tunggal dengan pemandangan luas, ada dua perbukitan yang mengapitnya. Di sebelah kiri pantai menjulang tinggi bukit Panjung.

Untuk menaiki ke atas bukit Panjung, kita harus mempunyai nyali yang tinggi. Dengan jalan setapak bertepikan jurang tinggi tentu saja membuat bulu kuduk merinding. Tapi itu pula yang menjadi keseruan dan kesan berwisata di pantai ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline