Lihat ke Halaman Asli

Asmania

Asmania

Pemberdayaan Masyarakat di Desa Miji Melalui Usaha Pabrik Tahu

Diperbarui: 17 November 2021   21:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

       Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri ikutan pula berpartisipasi. 

      UMKM (usaha mikro kecil menengah) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. UMKM artinya bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil.

   Desa miji merupakan salah satu desa yang terletak di kab.ogan Ilir Yang mana di desa ini terdapat warga yang Mempunyai UMKM yaitu pabrik tahu.Pada kesempatan ini saya melakukan wawancara  serta ikut membantu proses pembuatan tahu ini guna untuk menggali lebih dalam lagi tentang bagaimana dan seperti apa pabrik tahu di desa miji ini .

     Ibu Dewi dan bapak Robi merupakan pemilik dari UMKM pabrik tahu yang berada di desa miji
Pabrik tahu di desa miji ini sudah di buka atau pun di buat pada tahun 2016 atau sudah 5 tahun.
 
   Menurut ibu Dewi "tujuan nya membuka pabrik tahu ini ialah untuk menambah penghasilan serta juga untuk mempermudah warga yang berada di desa miji dalam mendapatkan olahan tahu tersebut.

       Dalam hal pengelolaan pabrik tahu ini ibu Dewi dan juga bapak Robi tidak sendiri melainkan mereka menggunakan jasa warga setempat untuk membantu mereka mempermuda dalam menyelesaikan olahan tahu yaitu dengn adanya beberapa  karyawan yang membantu mereka dalam proses pembuatan tahu.OOlahantahu di desa miji cukup berkembang karena di sini tempat atau pun agen bagi mereka dalam mengambil atau pun memproduksi tahu.

Adapaun Strategi pemasaran tahu yang dilakukan oleh  ibu Dewi dan juga bapak Robi
1.melakukan penjualan di rumah .
Warga yang berada di desa miji ini datang ke rumah ibu Dewi untuk memproduksi tahu,dan biasanya mereka yang juga memiliki usaha usaha kecil seperti jual sayur,ataupun membuka warung di rumah nya  

2.Penjualan langsung di pasar
Untuk yang di pasar ini ibu Dewi biasanya langsung membawa tahu ini kepasar,dan biasanya tahu ini dibawa karena memang sudah ada pesanan dari mereka yang berdagang di pasar sehingga ibu Dewi hanya mengantar kan saja tahu tadi.

      Menurut ibu Dewi penghasilan yang mereka dapatkan itu tidak tentu namun cukup bagi mereka dan juga cukup untuk memberi upah karyawan nya

      Pada program pemberdayaan masyarakat melalui UMKM pabrik tahu ini termasuk dalam Bina Usaha , karena  dalam hal ini melakukan suatu usaha yaitu dengan adanya pabrik tahu tersebut yang tentunya melalui UMKM ataupun usaha mikro kecil menengah ini dapat mengembangkan usaha yang ada di desa miji tersebut.Dan tidak hanya itu dengan adanya pabrik tahu ini dapat juga menciptakan peluang pekerjaan bagi masyarakat di desa miji,karena dengan adanya pabrik tahu ini mereka bisa ikut bergabung dalam pengolahan tahu yaitu dengan  bekerja menjadi karyawan bagi pemilik tahu tersebut.


       Dalam Bina usaha menjadi suatu upaya penting dalam setiap pemberdayaan karena bina manusia tanpa memberikan dampak atau manfaat bagi perbaikan kesejahteraan (ekonomi atau non ekonomi) akan menambah kekecewaan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline