Pengenalan Lapangan Persekolahan atau yang biasa dikenal dengan sebutan PLP merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh FKIP UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA). FKIP UHAMKA mengadakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) sebagai bagian integral dalam mempersiapkan calon guru yang profesional dalam program sarjana pendidikan. Kegiatan PLP merupakan salah satu bentuk dari mata kuliah yang terdapat dalam UHAMKA. Tujuan dari kegiatan PLP adalah sebagai bekal untuk mahasiswa/i dalam pelaksanaan pembelajaran serta meningkatkan kompetensi mengajar terhadap mahasiswa/i.
PLP merupakan tahapan penting yang memungkinkan mahasiswa menjelajahi, memahami karakteristik siswa, serta berinteraksi secara langsung dengan siswa dan staf sekolah. Kegiatan ini dirancang agar mahasiswa dapat belajar melalui pengalaman langsung di lapangan, didampingi oleh dosen pembimbing dan guru pamong. Dengan begitu mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan tindakan reflektif terhadap pengalaman yang didapatkan selama berada di lingkungan sekolah.
PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) menjadi salah satu bentuk mata kuliah yang diadakan oleh FKIP UHAMKA. Selain itu, PLP sebagai bagian dari proses pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk menggali pemahaman yang lebih dalam tentang dunia pendidikan, menerapkan teori dalam praktik, serta mengasah keterampilan interpersonal dan pengajaran. Ini adalah salah satu contoh dari keterlibatan aktif mahasiswa di semester 7 dalam memahami lebih dalam realitas lapangan pendidikan sebelum mereka memasuki dunia profesional sebagai pendidik.
Sebelum terjun ke sekolah dan melakukan kegiatan PLP, semua mahasiswa FKIP wajib mengikuti sosialisasi terlebih dahulu, yang diagendakan 2 kali pertemuan, yaitu sosialisasi tahap satu dan dua. Hal ini dilaksanakan untuk memberikan bekal tambahan agar mahasiswa paham dan siap terjun ke lapangan dengan mengikuti arahan yang telah diberikan.
Dalam kegiatan ini, mahasiswa/i akan mengamati proses mengajar di sekolah sebagai bentuk pengenalan terhadap lingkungan sekolah. Selama PLP, mahasiswa/i akan menerapkan apa yang telah mereka pelajari selama perkuliahan ke dalam proses belajar mengajar di kelas secara langsung. Diharapkan dengan melakukan kegiatan ini, mahasiswa/i akan meningkatkan kemampuan mengajar mereka dan menjadi lebih mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah, baik dengan rekan maupun sendiri.
Terdapat berbagai program studi yang diikutsertakan untuk terjun ke sekolah, salah satunya yang terlibat dalam pelaksanaan PLP di sekolah ini ialah program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang dibina oleh dosen pembimbing beserta guru pamong. Pelaksanaan PLP pada kelompok prodi PGSD ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Ruhama Lab School of UHAMKA yang berlokasi di Jln Ruhama No.66-60, Cireundeu, Ciputat Timur, South Tangerang City, Banten 15419.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 bulan atau 1 semester di SD Islam Ruhama, terhitung dari tanggal 29 Juli sampai dengan 13 Desember 2024. Kelompok prodi PGSD ini terdiri dari 7 mahasiswa/i semester 7 yaitu: Muhammad Ali (2101025198), Nurfajrina Mawaddah Rahma (2101025088), Asiyah Amira Refah (2101025223), Fadhlah Zahira (2101025036), Julia Maulina (2101025165), Salsabila Putri (2101025307), dan Caesarea Zahra Harmoni (2101025022).
Pengantaran mahasiswa PLP oleh dosen pembimbing lapangan ke SDI Ruhama dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2024, didampingi oleh Bapak Purnama Syae Purrohman, M.Pd., Ph.D. selaku dosen di FKIP UHAMKA. Kegiatan pengantaran ini diawali dengan pembukaan oleh mahasiswa FKIP UHAMKA, penyerahan mahasiswa oleh dosen pembimbing lapangan, dan penerimaan mahasiswa oleh Ibu Sindi Rosmilda, S.S., M.Pd. selaku Kepala Sekolah di SDI Ruhama, yang dilanjutkan dengan perkenalan yang dilakukan mahasiswa kepada seluruh guru beserta staff SDI Ruhama sebelum melaksanakan PLP secara resmi pada Senin, 29 Juli 2024.
Dalam kegiatan ini mahasiswa PLP memiliki tugas yang terarah, yaitu melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing lapangan sebelum dilakukannya PLP di SD Islam Ruhama, melakukan bimbingan dengan guru pamong mengenai bahan ajar untuk mengajar, menyusun Modul Ajar, membuat media pembelajaran yang menarik, menulis jurnal harian dan refleksi setelah kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan yang Dilakukan Selama PLP di SD Islam Ruhama
Selama melaksanakan PLP, mahasiswa melakukan aktivitas belajar mengajar di kelas layaknya seorang guru atau pengajar. Sebelum melakukan pembelajaran di kelas, mahasiswa akan menyusun modul ajar, materi ajar dalam bentuk powerpoint, Lembar Kerja Peserta Didik, evaluasi, dan asesmen penilaian terlebih dahulu, serta belajar untuk mengelola kelas.