Lihat ke Halaman Asli

Asita Suryanto

TERVERIFIKASI

Traveler

Nasi Tutug Oncom Wajib Dicoba Ketika Kulineran ke Tasikmalaya

Diperbarui: 3 Juli 2023   17:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nasi tutug oncom dengan lauk gorengan (dok asita)

Ketika berkunjung ke Tasikmalaya, Jabar sobatku yang putra daerah asli Tasikmalaya, Pepih Nugraha merekomendasikan makanan Nasi Tutug Oncom atau orang lebih mengenalnya dengan nama nasi TO.

Dalam daftar itenerary perjalanan oleh  sobatku Tantri Sulastri,  nasi TO masuk daftar makanan yang harus wajib dicoba.

Hari kedua di Tasikmalaya, saya berkesempatan mencoba nasi TO Kolektoran  dengan penjual yang cantik Teteh Tini yang terletak di Jalan H. Ikik Wiradikarta.

Warung ini sudah lebih 40 tahun berdiri dan merupakan generasi kedua, dan legendaris di Tasikmalaya. Sewaktu SMP, Pepih sudah sering diajak ayahnya makan disini.

Teteh Tini melayani pembeli (dok asita)

Warung ini mulai melayani pelanggannya sejak pukul 06.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Nasi Tutug Oncom terbuat dari oncom yang disangrai atau dipanggang kemudian dihancurkan bersama kencur, jahe dan garam yang kemudian dicampur dengan nasi putih hangat.

Nasi hangat diuleni dengan oncom (dok asita)

Setiap pelanggan yang datang bisa langsung memesan dua pilihan yaitu  nasi TO atau cikur singkatan nasi kencur. Selesai memesan nasi, tamu bisa bebas memilih lauk pauk yang diatur di atas meja.

Tersedia aneka  gorengan yang bisa kita pilih sebagai lauk tambahan. Seperti tahu, tempe balut tepung, bakwan, ikan asin goreng tepung, telor ceplok, kerupuk dan juga sambal.

Ketika nasi panas yang dilebur dengan remah oncom saya coba ada  rasa menyengat kencur bercampur dengan kehangatan nasi. Ditambah cocolan sambal khas Tasikmalaya itu rasa khas nasi TO yang tidak ada di kota lain sangat terasa. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline