Lihat ke Halaman Asli

Asita Suryanto

TERVERIFIKASI

Traveler

Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Banyak Pilihan Tujuan Wisata

Diperbarui: 20 Maret 2022   17:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu pura Hindu di TN Alas Purwo (dok pribadi)

Selain dikenal sebagai pelabuhan penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali, Banyuwangi juga memiliki banyak pilihan tujuan wisata. 

Salah satunya adalah Taman Nasional Alas Purwo (TN Alas Purwo) terletak di ujung tenggara Pulau Jawa. Tepatnya di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kawasan TN Alas Purwo memiliki sabana, wisata budaya bangunan Pura, hutan mangrove, goa kuno, hingga aneka jenis pantai yang berpasir putih dan berombak yang cocok untuk main selancar. 

Di sini terdapat pula sekitar 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil yang menghuni TN Alas Purwo ini.

Banyak hal menarik yang bisa kita jumpai saat berkunjung ke Alas Purwo yang menjadi salah satu dari sekian banyak Taman Nasional yang di Indonesia. 

Mulai dari hutan dengan pohon-pohon rimbun disepanjang jalan, adanya bangunan Pura untuk umat Hindu, pesona pantai berpasir putih, goa-goa yang bersejarah, hewan-hewan liar dan lain sebagainya. 

Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin healing dan ingin merasakan banyak sensasi wisata alam liar dalam satu tempat.

Pengunjung sedang melihat lagak binatang di sabana Sadengan (dok pribadi)

Saat berkunjung ke TN Alas Purwo banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi bukan hanya satu atau dua objek wisata dalam satu lokasi, tapi banyak tujuan wisata mulai pura, pantai sampai hutan liar.

Salah satu yang saya datangi di TN Alas Purwo adalah Pura Luhur Giri Salaka. Lokasinya tak jauh dari pintu gerbang TN Alas Purwo. Ada bangunan pura bernama Situs Kawitan. Lokasinya berada di jalan masuk menuju Pantai Trianggulasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline