Lihat ke Halaman Asli

Asita Suryanto

TERVERIFIKASI

Traveler

Restoran Serba Jamur yang Layak Dicoba di Yogyakarta

Diperbarui: 29 April 2016   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

berbagai macam jenis jamur di restoran jejamuran. sumber: dok pribadi

Pilihan kuliner yang menarik di daerah Yogyakarta sangat beragam. Ketika minggu lalu saya berlibur ke kota gudeg ini saya sengaja memilih restoran dengan menu serba jamur yang terkenal dengan nama Restoran Jejamuran.

Restoran yang khusus menyajikan  masakan dengan menu  menggunakan bahan dasar berbagai jenis jamur. Mulai dari sate jamur, lumpia jamur,tongseng jamur, nasi goreng jamur ,pepes jamur,  cap cai jamur,  asam manis jamur tiram, tongseng jamur dan menu lainnya. Menurut saudara sepupu saya Mas Giri Irianto yang mengantar saya ke tempat makan ini yang harus dicoba adalah sate jamur dan tongseng jamur.

1-5722f7a0947e61e907815da3.jpg

berbagai menu jamur. dok pribadi

Ternyata benar rekomendasi saudara ini karena sate jamurnya seperti makan sate ayam yang empuk dengan bumbu kacang dan rasa tongseng nya pun seperti tongseng kambing dengan porsi yang yang kecil.

Harganya pun tidak terlalu mahal. Satu porsi sate jamur Rp 15.000, tongseng jamur Rp 13.000 dan gorengan crispy jamur shitake satu piring Rp 20.000 cukup kita makan untuk camilan buat tiga orang.

2-5722f7ca26b0bd1f05ea0706.jpg

jenis jamur lingzhi menyerupai pakis. dok: pribadi

Yang cukup menarik, restoran ini juga menyediakan bermacam-macam jamur hidup dalam kemasan khusus plastik seperti pot sehingga pembeli juga bisa membeli jamur mentah dan bisa membawa pulanguntuk dimasak sendiri di rumah. Ada berbagai macam jamur yang bentuknya panjang keriting warna merah namanya lingzhi, ada yang berwarna putih namanya tiram putih, berbentuk seperti telinga merah namanya tiram merah, dan bentuk lainnya.

Ada beberapa  masakan tertentu dibutuhkan jamur-jamur khusus, karena bisa mempengaruhi rasa dengan resep bumbu masaknya. Ada juga dijual untuk oleh-oleh keripik jamur dalam stoples plastik dijual mulai harga Rp 20.000 keatas.

7-5722f803d493731b082aa645.jpg

sate jamur dengan bumbu kacang rasanya hampir seperti sate ayam.dok: pribadi

Bagi pecinta vegetarian, restoran ini sangat cocok karena rasa jamurnya hampir menyerupai daging. Jamur adalah makanan sehat tanpa kolesterol dan tinggi protein.  Karena jamur adalah makanan masyarakat Jepang dan Cina sejak lama. Mereka melengkapi menu dengan jamur secara turun temurun. Bukan saja kelezatan rasa, tetapi juga tinggi nilai gizinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline