Lihat ke Halaman Asli

Asita Suryanto

TERVERIFIKASI

Traveler

Bukchon Hanok Village, Desa Tradisional di Tengah Kota Modern Seoul

Diperbarui: 24 Desember 2015   21:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1432364031258843956

Bukchon merupakan daerah bergaya rumah  tradisional yang harus dikunjungi ketika anda berwisata ke  Seoul , Korea Selatan.  Untuk traveling yang suka heritage pasti suka dengan suasana perkampungannya.  Bukchon Hanok Village adalah kawasan kampung  rumah tradisional Korea yang terletak di area Bukchon.  Desa tradisional yang memiliki banyak gang sempit dan rumah tradisional Korea,  ini sengaja dijaga kelestariannya untuk mempertahankan suasana perkotaan pada masa dinasti Joseon.

[caption id="attachment_419559" align="aligncenter" width="540" caption="kawasan Bukchon Hanok Village, bnayak turis berselfie ria di jalanan"][/caption]

Kawasan Buckhon, dulunya memang merupakan kawasan tempat tinggal para bangsawan dan pejabat kelas dari dinasti Joseon. Oleh karena itu rumah-rumah tradisional di desa ini juga merupakan rumah  yang bagus  dan elite pada zamannya. Saat ini, Bukchon Hanok Village digunakan sebagai pusat kebudayaan tradisional Korea dan juga kulinernya, di mana pengunjung bisa memiliki sedikit gambaran seperti apa kebudayaan pada masa dinasti Joseon.

[caption id="attachment_419563" align="aligncenter" width="540" caption="bentuk rumah tradisional"]

14323642381067140677

[/caption]

Desa ini memiliki jalan yang sempit, berliku-liku dan menanjak, yang diapit oleh bangunan-bangunan tradisional  (hanoks) yang memberi atmosfer  khas rumah asli Korea. Oleh karenanya, menelusuri jalan-jalan ini saja bisa menjadi pengalaman yang unik dan menyenangkan. Bukchon Hanok Village juga sering digunakan sebagai lokasi syuting film drama seri  Korea. Kawasan ini direnovasi tahun 1930 dan sampai sekarang tetap terpeliharan dengan bagus menjadi menjadi situs budaya.

[caption id="attachment_419564" align="aligncenter" width="540" caption="bentuk atap rumahnya hampir sama"]

14323643131102395222

[/caption]

Sangat menarik untuk melihat, perkampungan jaman dahulu kala yang  masih tertata rapih, bahkan mebel-mebel kayunya tetap terpelihara. Serasa tidak berada di kota metropolitan Seoul, sewaktu di kawasan ini. Tapi serasa seperti berada di pedesaan zaman dahulu. Bagi yang suka narsis, tempat ini bagus juga untuk background foto-foto dengan memakai baju tradisonal model hanbok Korea.

[caption id="attachment_419566" align="aligncenter" width="540" caption="bentuk depan rumah utama"]

1432364370950604481

[/caption]

Di sini masih ada banyak rumah-rumah tradisional Korea salah satunya ada yang terbuka untuk umum. Saya mencoba masuk salah satu rumah untuk turis ternyata semua bahan lantai dan dinding rumah terbuat dari kayu. Sebelum masuk rumah harus melepas sepatu dulu. Hiasan dekorasi nya berupa hiasan juga terbuat dari kayu semua.

 

Serasa berada di dalam  drama film Korea, rumah-rumah tradisionalnya terawat dengan baik. Pemandangan yang cukup indah di sekeliling sekitar jalan sempit , karena lokasinya di ketinggian daerah Kota Seoul. Dari atas bisa melihat gedung-gedung tinggi Kota Seoul. Rumah perdana menteri yang dekat kawasan elite ini juga kelihatan.

 

Salah satu hal yang ingin saya dapatkan di Korea Selatan adalah merasakan langsung kehidupan sehari-hari warga yang masih tinggal di perkampungan dengan rumah-rumah khas nya.  Bukchon menyediakan one-stop experience untuk budaya Korea. Lokasinya dekat Gyeongbokgung Palace,  istana raja Korea hanya sekitar 20 menit  berjalan kaki ke desa tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline