Lihat ke Halaman Asli

Nasi Jagung Khas Madura Nikmat Sekali Makan di Kampung Halaman

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1328327859659056504

Mengingat makanan masa kecil yang bikin kangen kampung halaman buat saya adalah makan nasi jagung khas Madura. Makanan ini sangat sederhana hanya nasi putih campur jagung diberi lauk ikan asin goreng, lapapan, sayur lodeh, tahu dan tempe goreng serta sambal terasi yang pedas. Nasi jagung dalam bahasa Madura lebih dikenal dengan "nasek jagung"  dan " nyaman ongguh" (enak sekali).

Setiap pulang kampung di Kota Jember, Jawa Timur kami selalu makan nasi khas Madura ini.Tapi sensasi rasanya tidak bisa mengalahkan nikmatnya makanan mewah yang ada di Jakarta tempat saya mencari sesuap nasi sekarang. Makan nasi jagung sambil mengenang masa kecil makan di perkebunan kopi  sewaktu masih sekolah dasar adalah kenikmatan tersendiri.

Di kampung halaman, Kota Jember harga nasi jagung lengkap hanya dengan harga Rp 5.000 saja sudah lengkap dengan lauk tahu, tempe, ikan asin goreng, sayur lodeh, lalapan sayur, sambal terasi, dan peyek teri. .

Nasi jagung adalah campuran beras putih dan gilingan jagung dicampur dengan ukuran  sama kemudian ditanak dan dikukus seperti menanak nasi biasa. Hasilnya nasi jagung akan lebih mekar dan tidak bisa pulen atau megar.

[caption id="attachment_168289" align="aligncenter" width="600" caption="Nasi Jagung Madura"][/caption]

Makan nasi jagung paling nikmat ditambah pepes ikan tongkol ikan laut khas Jember yang agak asin dan sambal kemiri yang pedas. Ikan tongkol bagi warga Jember dianggap sebagai   ikan salmon made in nelayan Puger wilayah  Jember. Ikan tongkol lebih dikenal masyarakat Jember daripada ikan salmon yang mahal itu.

Penjual nasi jagung gampang ditemui di seluruh  sudut warung nasi di Kota Jember. Tapi penjual nasi jagung paling lengkap lauknya mulai gorengan ayam, ikan , daging ada di tengah pasar tradisional paling besar di Kota Jember yang bernama Pasar Tanjung.

Meski letaknya tidak strategis ada di tengah pasar yang hiruk pikuk dan harus parkir diluar kemudian untuk menuju lokasi penjual nasinya harus naik ke lantai dua  ke dalam pasar yang kumuh tidak mengurangi minat pembeli nasi jagung di Pasar Tanjung tersebut.

Nasi jagung rasa nikmatnya dari sambal terasi yang pedas dan campuran rasa asin dari ikan asin, rasa gurih dari pepes ikan tongkol. Sangat lezat dicampur sayur lodeh terong dan kacang panjang yang pedas.

Apalagi yang memakannya penggila kuliner kampung halaman yang sudah lama tidak pulang kampung. Maka kenikmatan makan nasi jagung akan bertambah dengan kenikmatan rasa kangen kampung halaman dan rasa nasi jagung yang khas pedas. Akan lebih afdol  ikan asin goreng tepung selalu harus  menyertainya. (Asita DK Suryanto, email: asita@djojokoesoemo.com)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline