Lihat ke Halaman Asli

Asih Aryani

Profil asli

Tradisi Baik yang Dipertahankan Warga Kampung Riak Bandung

Diperbarui: 17 Januari 2022   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: https://www.ebookanak.com/

Apa itu tradisi?

Tradisi atau yang dikenal dengan kebiasaan merupakan sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang/konsisten dengan cara yang sama. Tradisi atau kebiasaan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. 

Di Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Kampung Riak Bandung, ada satu tradisi baik yang masih dilakukan oleh beberapa warganya yakni tradisi saling berbagi makanan setiap selesai memasak antar tetangga. Uniknya, di kampung ini, tetangga juga merupakan keluarga bahkan hampir dalam satu kampung tersebut merupakan keluarga seluruhnya.

Konon, menurut tetua di Kampung ini yakni Bapak Sahmin, tradisi berbagi makanan tersebut telah lama dijalankan. "Seingat Datok, belum lama kampung ini dibuka tradisi itu udah mulai dilakukan. Namun tanggal pastinye, datok tadak ingat. Karne dulok tu orang masih kesulitan nyari barang selengkap sekarang. 

Tapi Alhamdulillah, beberape masyarakat sini maseh mempertahankan tradisi ini," tutur lelaki paruh baya yang berusia 77 tahun dan merupakan kakek dari penulis. Hal ini juga diambil dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang dikenal dengan nama Barter (sistem tukar-menukar).

Dan juga, tradisi ini diambil oleh orang-orang terdahulu guna mengadaptasi dari hadits yang berisi memuliakan tetangga. Selain itu, dengan adanya tradisi ini membuat hubungan antar tetangga makin erat keakrabannya, silaturahmi jalan terus. Bunyi hadits tersebut yaitu:

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah memuliakan tetangganya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Nabi Saw bersabda: "Wahai Abu Dzar! Apabila kamu memasak sayur (daging kuah) maka perbanyaklah airnya (kuahnya) dan berilah tetanggamu." (HR. Muslim)

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline