Lihat ke Halaman Asli

Asih Aryani

Profil asli

Manfaat Berpikiran Positif untuk Kecantikan dan Mental

Diperbarui: 19 November 2021   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersumber dari: Muslima.com

 Manusia sebagai makhluk yang berpikir, tidak pernah terlepas dari perang pikiran yang terjadi di dalam otaknya. Mulai dari masalah bimbang tentang hidup, masalah pendidikan, percintaan, ekonomi, sosial, dan bagaimana kondisi masa depannya. Pikiran-pikiran negatif yang mengganggu dan menimbulkan kegelisahan semacam itu sebaiknya di buang jauh-jauh dari dalam diri kita, karena hanya akan menimbulkan efek-efek yang merusak mental. Meskipun demikian, hal tersebut tidak serta merta membuat kita tidak mau memikirkan beberapa masalah yang terdapat di atas, sebab manusia butuh memikirkan hal tersebut guna mencari jalan keluar atau solusi dari permasalahan-permasalahan yang tengah ia hadapi. Di sini penulis akan memberikan beberapa contoh kalimat gundah yang disebabkan oleh pikiran-pikiran negatif. 

Contoh:

- Kalau penghasilanku segini terus, hidup ke depannya mau makan apa?

- Hidup di lingkungan seperti ini bisa-bisa tak berkembang kehidupanku.

- Nilai ujian akhirku paling buruk di kelas, kampus mana yang mau menerima orang bodoh seperti aku?

- Punya wajah jelek, tidak pintar, miskin, kayaknya susah buat dapat jodoh orang kayak aku ini. Tidak ada yang mau hidup dengan orang serba kekurangan seperti aku.

Pikiran-pikiran semacam itu hanya akan merusak mental dan rasa syukur kita. Bahkan dampak paling buruk adalah kita merasa bahwa diri kita tidak ada istimewanya atau tidak berharga sedikit pun. Hal tersebut berdampak buruk sehingga bisa membuat kita menjadi orang yang menganiaya diri sendiri, tidak mau berkembang, selalu iri terhadap orang lain yang terlihat dalam sudut pandang kita memiliki kehidupan yang lebih baik, rajin mengeluh, malas bersyukur, dan sadar atau tidaknya hal tersebut akan terlihat jelas dari wajah kita yang menjadi suram.

Dalam menjalani kehidupan, kita harus memahami bahwa susah dan senang itu datang silih berganti. Lantas bagaimana cara pintar kita menyikapinya? yaitu dengan cara berpikiran positif. 

Apa yang dimaksud dengan berpikiran positif?

    Berpikiran positif adalah keyakinan yang timbul dari pikiran kita atas segala sesuatu dalam sudut pandang yang baik.

Kemudian apakah ada dampak bagi diri kita ketika berpikiran positif? jawabannya adalah tentu saja ada, bahkan banyak sekali manfaat dari berpikiran positif. Beberapa di antaranya untuk kecantikan dan kesehatan mental.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline