Lihat ke Halaman Asli

Kegigihan Tukang Tambal Ban Hingga Bisa Naik Haji

Diperbarui: 2 Agustus 2018   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: kompas.com

Hasil kucuran keringat selama 10 tahun menambal ban pada akhirnya dapat dinikmati oleh Safuan Azis, sosok inspiratif dari kota Semarang, Jawa Tengah yang berusia 64 tahun.

Niat untuk mencium batu suci Hajar Aswad di Mekah tidak lama lagi akan menjadi kenyataan buat Azis, sapaan sang kakek. Ya, sesuai jadwal, Azis berangkat ke tanah suci pada 6 Agustus 2018.

Yang luar biasa, Azis tak sendirian, ia akan berangkat bersama istrinya Musharofah (54). Keduanya, bersama rombongan kloter 70 akan berangkat jam 00.00 dari Embarkasi Donohudan Boyolali, Bandara Adi Sumarmo ke Arab Saudi.

Saat manasik haji, Azis sempat merasa minder, karena para peserta latihan yang akan naik haji, profesi mereka bagus-bagus, ada yang pengusaha, guru, dokter. Saat perkenalan, Azis jadi teringat sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Lalu dengan jujur ia memperkenalkan dirinya bahwa ia adalah seorang dokter ban serta direktur pertamini (penjual BBM eceran) ingin naik haji. 😊😀

Azis kemudian mengisahkan usaha tambal bannya. "Yang nambal disini karyawan pabrik dan orang yang lewat saja" ujarnya.

Azis mengatakan lebih lanjut, sebenarnya niat beribadah haji hanya sesekali terbersit dan hanya sebatas keinginan yang diungkapkan pada istrinya. Faktor ekonomi menjadi penghalang untuk melaksanakan niat tersebut.

"2000 rupiah yang didapat dari tambah angin, kalau kebetulan ada yang bocor saja" kata Azis.

Azis mengaku, paling banter ia memperoleh 50.000 rupiah per hari. Namun karena perjuangan dan pantang menyerah dalam menabung, kini ia bisa mewujudkan niatnya untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

Azis mengaku ia terinspirasi sosok istrinya yang bertahun-tahun menyisihkan sebagian gajinya sebagai seorang buruh pabrik. Azis pun sejak tahun 2008  dengan tekun sebagian perolehannya ditabung setiap hari.

"Istri saya ngumpet-ngumpet tidak memberi tahu saya kalau ia punya tabungan" ujar Azis.

Adalah Azis yang terperanjat kala istrinya menunjukkan sebuah gundukan uang tunai berjumlah 50 juta rupiah di dalam sebuah penanak nasi. Nampaknya istrinya mengumpulkan uang itu selama bertahun-tahun di dalam penanak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline