Lihat ke Halaman Asli

ASHLIH AHSANI RISMAWATI

Guru SDIT Insan Cendekia Dabo Singkep

Best Practices PPG DALJAB Tahap II Tahun 2023

Diperbarui: 22 November 2023   01:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BEST PRACTICES

PPG DALJAB TAHAP II TAHUN 2023

OLEH: ASHLIH AHSANI RISMAWATI, S. Pd (F4301231613)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

A. Judul

Meningkatkan Kemampuan Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Bantuan Papan Musi Pada Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil

B. Pendahuluan

Proses pembelajaran sejatinya melibatkan berbagai unsur dalam satu lingkup belajar baik guru, peserta didik, media, dan unsur lain yang menunjang terjadinya interaksi belajar. Guru memiliki peran yang sangat besar dalam proses tersebut. Oleh sebab itu, guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif sehingga diharapkan kedepannya pembelajaran lebih bermakna dan aplikatif (Nurliana: 2023). Jika pembelajaran di masa lampau berpusat pada guru, untuk saat ini pembelajaran diarahkan berpusat kepada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang sering digunakan untuk pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah model pembelajaran problem based learning (PBL).

Susanto (2013) dalam Sutarti dan Wibawa (2018) mengatakan bahwa matematika merupakan ide-ide abstrak yang berisi simbol-simbol, maka konsep-konsep matematika harus dipahami terlebih dahulu sebelum memanipulasi simbol-simbol itu. Di lain pihak, pada usia peserta didik sekolah dasar, menurut teori Piaget termasuk pada tahap operasional konkret. Berdasarkan perkembangan kognitif ini, maka anak usia sekolah dasar umumnya mengalami kesulitan memahami matematika yang bersifat abstrak. Oleh sebab itu guru harus memiliki inovasi dalam menyiapkan alat peraga atau media konkret yang tepat sesuai degan materi yang akan disajikan.

Media merupakan salah satu sarana yang mengantarkan informasi dari guru ke peserta didik. Papan musi merupakan media konkret yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemamuan belajar matematika peserta didik. Papan Musi ini merupakan singkatan dari  papan multi fungsi.  Papan multi fungsi ini dapat berfungsi lebih dari satu kegunaan. Papan musi dapat digunakan untuk menentukan KPK, menentukan FPB, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

C. Pembahasan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline