Lihat ke Halaman Asli

KKN 25 CERME

mahasiswa

Khidmatnya Malam Renungan, KKN 25 IAIN Kediri bersama Masyarakat Cerme Gelar Malam Renungan 17-an

Diperbarui: 17 Agustus 2023   06:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Malam Renungan Desa Cerme Kecamatan Grogol

(dokumentasi pribadi)

"Kemerdekaan Indonesia saat ini tidak lepas dari jasa dan pengorbanan para pahlawan. Di malam kemerdekaan Indonesia yang ke 78 malam ini marilah kita merenung dan berdoa untuk para pahlawan yang sudah terkubur di bawah tanah." Sepenggal kata yang dihaturkan Kyai Darussalam.

Demi menghormati perjuangan para pahlawan dalam kemerdekaan Indonesia, Desa Cerme setiap tahun menggelar acara renungan yang bertempat di gang setiap dusun. Malam renungan berlangsung hidmatdan tertib dalam mengikuti setiap rangkaian acara.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya hasil ciptaan WR. Supratman. Masyarakat kompak bernyanyi dipandu drijen dari perwakilan KKN 25 IAIN Kediri. Kemudian menyimak renungan 17-an yang disampaikan oleh Bapak Kyai Darussalam. Acara selanjutnya pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Bapak Kyai Sofyan Hadi dan ditutup dengan doa oleh Bapak Kyai Imam Syafi'i.

Pada acara renungan, setiap masyarakat membawa berkat yang berisi nasi dan lauk serta ada yang membawa tumpeng. Pada akhir acara berkat dan tumpeng ini akan dimakan bersama-sama. Acara ini tidak terlepas dari harapan, tetap terlaksana di tahun-tahun yang akan datang. Sehingga generasi penerus tidak lupa dengan para pahlawan yang berjuang demi Indonesia merdeka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline