Lihat ke Halaman Asli

Ashfiatin Nada

Mahasiswa Kesehatan Masyrakat

Penyuluhan PMT dan Pencegahan Stunting pada Ibu Hamil dan Balita oleh KKN 28 UNUSA di Randegansari

Diperbarui: 6 Agustus 2023   12:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Stunting merupakan kondisi pertumbuhan anak yang kurang optimal dimana pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif yang terganggu akibat kekurangan gizi dan perawatan yang tidak terpenuhi saat masa pertumbuhan, lebih-lebih pada anak yang berusia dua tahun.

hal ini yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan penyuluhan dan edukasi stunting. Edukasi dan penyuluhan ini merupakan salah satu rangkaian Program kerja anggota KKN 28 UNUSA yang berada di Desa Randegansari, Gresik. Selain mahasiswa KKN, terdapat beberapa warga dan bidan desa yang turun berpartisipasi dalam mensukseskan acara edukasi dan penyuluhan ini. 

"Golden Period" merupakan periode penting dalam kehidupan seorang anak untuk mencegah terjadinya stunting. Pada masa tersebut, otak anak sedang mengalami perkembangan pesat serta sistem imun dan organ tubuh lainnya sedang berkembang dengan pesat. Jika anak mendapatkan gizi yang cukup dan perawatan yang baik selama Golden Period, maka risiko terjadinya stunting akan meningkat. 

Dokpri

Maka dari itu, edukasi pemberian makanan tambahan pada ibu hamil merupakan hal yanb sangat penting dilakukan untuk menekan angka stunting yang terjadi di Desa Randegansari. Adapun edukasi pemberian makanan tambahan yang dilakukan yaitu puding daun kelor. Puding daun kelor merupakan masakan yang terbuat dari bahan dasar daun dari pohon kelor yang mempunyai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Manfaat daun kelor bagi anak stunting yaitu : 

1. Kandungan Gizi : Daun kelor mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan protein. 

2. Vitamin A : vitamin A penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel, serta kesehatan mata. 

3. Zat Besi : Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh dan perkembangan anak. 

4. Protein : anak-anak yang mendapatkan cukup protein merupakan hal yang penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. 

5. Kalsium : peningkatan kalsium dapat membantu mencegah masalah pertumbuhan tulang pada anak. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline