Lihat ke Halaman Asli

Kajian Moderasi Beragama oleh Mahasiswa UIN Malang di MAN 2 Mojokerto

Diperbarui: 27 Mei 2024   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 21 Maret, mahasiswa Asistensi Mengajar UIN Malang turut serta melakukan kajian mengenai "moderasi beragama" dalam rangka kegiatan Pondok Ramadhan yang diselenggarakan oleh MAN 2 Mojokerto. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 18  hingga 28 Maret atau pada tanggal 7 hingga 17 Ramadhan 1445 H.

Tahun ini di Pondok Ramadhan, sekolah mengusung tema "Menebar Hikmah Mencapai Maghfirah Menuju Generasi Mardhatillah". Muhammad Fiqri Ali dan Ahmad Ainul Yaqin selaku pemateri kajian berusaha menyampaikan materi dengan lancar dan antusias. Sebelum memasuki pembahasan utama mengenai moderasi beragama, Ibu Dra. Sumatil Ilya, M.Pdi. terlebih dahulu melakukan riset buku.

Suasana kajian khusyuk dan penuh hikmah. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama, dilanjutkan dengan salat maghrib hingga salat tarawih berjamaah dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk mendukung terciptanya masyarakat yang lebih toleran dan lebih menghargai perbedaan dalam konteks Islam yang otentik.

Melalui kerjasama mahasiswa Asistensi Mengajar UIN Malang dan MAN 2 Mojokerto, kajian moderasi beragama dalam kegiatan di Pondok Ramadhan  telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman akan pentingnya moderasi  beragama serta semangat kebersamaan dalam beribadah dan berbagi ilmu di bulan suci Ramadhan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline