Lihat ke Halaman Asli

Asha Laras Hayati

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab, UINSU

Menumbuhkan Kecintaan Mahasiswa Terhadap Bahasa Arab

Diperbarui: 15 Agustus 2020   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebelum membahasa lebih dalam lagi mengenai bagaimana cara menumbuhkan kecintaan mahasiswa terhadap bahasa Arab, sebelum kita masuk ke topik pembahasan saya ingin menceritakan sejarah bahasa arab terlebih dahulu.

Bahasa Arab merupakan bahasa yang banyak menyumbangkan kosakata pada bahasa yang ada didunia. Alasan utamanya karena bahasa ini digunakan dalam kitab Al Quran yang masih bertahan dengan bahasa aslinya selama lebih dari 14 abad dan kitab yang banyak dibaca di dunia.

Bahasa Arab berkembang dari bahasa Aramaik yang dahulu banyak digunakan dikawasan Palestina dan digunakan nabi Ibrahim beserta anak cucunya. Bahasa Aramaik dibawa oleh nabi Ibrahim beserta istrinya Siti Hajar yang memiliki seorang anak yaitu nabi Ismail.

Alasan kuat mengapa seorang muslim atau umat islam harus belajar bahasa arab apalagi mahasiswa berikut ini alasan betapa pentingnya mempelajari  bahasa arab khususnya bagi para mahasiswa.
Bahasa yang dipilih Allah adalah bahasa Arab. Dia mengirim bukunya yang berharga (Al-Quran) yang ditulis dalam bahasa Arab, bahasa nabi terakhir. Karena alasan ini, adalah kewajiban bagi setiap orang untuk belajar bahasa Arab.

Bahasa Arab Adalah Bahasa Yang Berpengaruh Di Seluruh Dunia Dengan perkiraan 420 juta penutur bahasa Arab di planet ini, 290 juta di antaranya berbicara sebagai bahasa asli, Arab telah menjadi kelompok bahasa ke-5 yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa Arab adalah bahasa resmi di 26 negara Arab, termasuk dua puluh dua negara di Liga Arab. Setiap negara Arab adalah anggota Liga Arab, dengan total 378,2 juta orang pada tahun 2014. Pengamat berpenduduk menyatakan Brasil, India, Venezuela, dan Turki juga merupakan anggotanya.

Belajar Bahasa Arab Penting Karena Signifikansi Globalnya ,Bahasa Arab adalah kendaraan untuk pemikiran garda depan dalam sastra, filsafat, dan sains. Gagasan filosofis Yunani dan Latin terus berkembang di peradaban Timur Tengah yang hebat melalui bahasa Arab.

Banyak Bahasa Telah Meminjam Dari Kekayaan Bahasa dan Sastra Arab,bahasa arab telah meninggalkan jejak sejarah, ilmiah, dan budaya yang mendalam pada bahasa-bahasa Eropa, seperti Prancis, Inggris, Italia, Portugis, dan Spanyol.

Oleh karna itu bahasa arab begitu sangat amat penting untuk di pelajar secara mendalam lagi kerena bahasa ini memiliki keutamaan tersendiri yaitu menjadi bahasa sangat mudah untuk di pelajari.

Sebagaimana yang telah menjadi keyakinan dalam diri kita bahwa jalan yang memberi kita jaminan keselamatan dan kenikmatan Islam adalah satu dan tidak berbilang-bilang. Jalan tersebut yaitu mengilmui dan mengamalkan ajaran Al-Kitab dan As-Sunnah sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan dipahami oleh para sahabatnya. Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,


تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ، لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ

“Dan Allah Ta’ala telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa terbaik yang pernah ada. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline