Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka
Bagaimana mengukur progres peserta didik dalam menguasai kompetensi yang ditargetkan setelah mengikuti pembelajaran? Bagaimana guru bisa memantau perkembangan peserta didik?
Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, seorang guru harus memahami apa yang dimaksud dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran.
Dalam kurikulum merdeka dikenal istilah KKTP atau Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. KKTP tersebut harus ditentukan oleh guru untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran atau belum.
Namun apa itu KKTP? Apakah sama dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang dikenal di kurikulum 2013?
KKTP adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauhmana peserta didik sudah mencapai kompetensi tertentu pada tujuan pembelajaran yang telah dilaluinya. KKTP memiliki fungsi untuk membantu guru merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik.
Hasil refleksi tersebut dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan tindak lanjut yang sesuai kepada peserta didik.
Apa perbedaan KKTP di kurikulum merdeka dengan KKM yang ada di kurikulum 2013?
Secara sederhana dapat dikatakan bahwa KKM adalah indikator ketuntasan setelah peserta didik mengikuti proses pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk angka. Dalam KKM tidak ada penjelasan atau deskripsi mengenai perbedaan angka indikator tersebut.
Sedangkan pada KKTP terdapat deskripsi yang konkret mengenai keterampilan dan kompetensi yang perlu dikuasai oleh peserta didik, sebagai bukti bahwa peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.