Lihat ke Halaman Asli

Tips Menulis Buku Biografi

Diperbarui: 17 Juli 2024   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Flyer KBMN PGRI GEL. 31 Pertemuan ke-24

Buku adalah alat untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan atau gambar. Mereka biasanya terdiri dari banyak halaman yang dijilid menjadi satu dan ditutup dengan sampul.

Bentuk buku sudah berubah sepanjang masa. Untuk menulis, orang dahulu (di Indonesia umunya) menggunakan gulungan lontar. Namun, seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai menggunakan lembaran kertas yang dijilid seperti yang kita kenal sekarang.

Buku pada dasarnya adalah alat untuk menyampaikan informasi dan pesan. Mereka bisa berisi tulisan dan gambar serta ilustrasi, serta cerita fiksi atau pengetahuan umum.

Sedangkan menurut bunda Lely Suryani, S.Pd.SD., buku adalah kumpulan lembaran kertas atau bahan lain yang dijilid menjadi satu dan berisi tulisan, gambar, atau informasi lainnya.

Menurutnya juga, buku dapat dikategorikan berdasarkan genre, seperti fiksi, non-fiksi, ilmiah, atau pendidikan.

Apa itu buku Biografi ?

Buku biografi berfungsi sebagai jendela yang membuka kisah hidup seseorang. Di dalamnya, terukir perjalanan inspiratif, proses perjuangan, dan peristiwa penting yang membentuk karakter. Ketika Anda membaca buku biografi, itu seperti menyelami lautan kehidupan, menjelajahi banyak pengalaman, dan mengambil pelajaran dari kebijaksanaan yang terkandung di dalamnya.

Berbeda dengan novel fiksi yang didasarkan pada imajinasi penulis, biografi didasarkan pada fakta dan kejadian. Kisah diceritakan oleh penulis dari berbagai sumber, seperti catatan pribadi, wawancara, dan dokumen sejarah. Menggambarkan tokoh secara keseluruhan, dengan segala keunggulan dan kekurangannya, adalah tujuannya.

Menurut bunda Lely, buku biografi adalah jenis buku yang menceritakan kisah hidup seseorang, biasanya orang yang terkenal atau dianggap penting oleh masyarakat. Biografi ditulis oleh orang lain, bukan oleh orang yang diceritakan kisahnya (otobiografi).

Apa saja Genre / Isi Buku?

Genre atau isi sebuah buku bergantung pada jenis buku itu sendiri. Berikut ini akan dibahas genre atau isi buku fiksi dan non-fiksi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline