Lihat ke Halaman Asli

Asep Pedia

Saya adalah seorang freelancer

Cara Membuat Wordpress Gratis

Diperbarui: 2 Februari 2023   19:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Cara Membuat Wordpress Gratis - Hai Sobat semua di postingan sebelumnya mimin juga pernah bahas 4 langkah mudah buat blog di blogger.com nah kali ini mimin update lagi nih kebalikan dari blogger yaitu cara sederhana membuat blog di wordpress pemula.

Cara Sederhana Membuat Wordpress Gratis

Tutorial Sederhana Membuat Wordpress Gratis -- Anda pernah merasa banyak ide di kepala Anda tetapi tidak ada media untuk menyalurkannya? Atau sesederhana ingin berbagi pengalaman yang baru saja Anda alami tetapi masih mencari tempat untuk merealisakannya?. 

Jawabannya Anda harus mulai menulis di blog. Blog sendiri saat ini diibaratkan sebagai buku harian digital Anda. Anda bisa memposting apapun itu, baik kuliner, pengalaman di tempat liburan, tutorial-tutorial sederhana, tips dan trik, bahkan blog bisa menjadi tempat curhat online Anda. Menarik bukan?

Blog sendiri mulai ramai di sekitar tahun 2008, melihat suksenya blog raditya dika yang waktu itu menceritakan tentang kehidupan pribadinya memancing orang untuk mulai mempunyai blog pribadi sendiri.

Platfrom-platform yang menyediakan blog secara gratis pun mulai bermunculan. Beberapa contoh platform yang menyediakan layanan ini adalah Blogger dan Wordpress. 

Blogger sendiri mengadaptasi sistem yang lebih basic. Syarat mutlaknya, Anda harus memiliki email dari Google, nantinya email Anda ini bisa digunakan untuk registrasi akun di blogger. Biasanya alamat blog Anda nantinya akan ditambahkan dengan (dot)blogspot(com).

Berbeda halnya dengan Wordpress, mungkin tampilannya akan sedikit rumit dan kompleks, tetapi hal ini berbanding dengan fitur-fitur tambahan yang dapat Anda gunakan  nantinya.

Tutorial Cara Membuat Wordpress Gratis

1. Buat akun

Masuk ke website Wordpress, lalu pilih opsi "Get Started". Untuk membuat akun baru, Anda harus mendaftarkan email Anda dan membuat password yang dipergunakan ketika Anda login. Anda bisa mendaftar dengan Apple ID jika anda menggunakan perangkat dengan sistem operasi Ios.

2. Buat Nama Domain

Buatlah nama domain yang unik dan menarik. Karena nama domain akan memberikan impact yang bagus untuk blog Anda. Pilihlah nama domain yang mudah diingat. Hindari sistem numerik agar memudahkan pengunjung menghafal nama domain Anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline