Lihat ke Halaman Asli

ASEP NURDIN TOHA

Kepala Sekolah Kota Bekasi

Kelebihan dan Kekurangan In House Training (IHT )

Diperbarui: 6 November 2023   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok pribadi , IHT SDN Sumur Batu 1 Kota Bekasi 

Dalam dunia pendidikan istilah In House Training (IHT) belakangan ini sering digunakan dan dilaksankan oleh sekolah-sekolah , lalu apa IHT itu ..?

IHT atu In House Training  adalah pelatihan internal sekolah ,yang dilaksanakn secara mandiri dengan tujuan meningkatkan kompetensi pendiidk dan tenaga kependiidkan yang ada disekolah tersebut, dengan strategi ini diharapkan para guru dapat meningkatkan komptensinya tidak hanya dilakukan di eksternal tetapi bisa dilakukan disekolah sendiri , tentu dengan kelebihan bisa menghemat waktu dan biaya.

Kelebihan  yang akan didapatkan dalam melaksanakan IHT disekolah  diantaranya :

1. Dapat meningkatkan keterampilan para guru

    Pelatihan yang tepat akan membantu para guru  untuk meningkatkan keterampilan teknis mengajar , kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen waktu , ketika menjadi pemimpin pembelajaran  dikelas,dengan keterampilan yang baik  yang dimiliki guru akan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi sekolah dan peserta didik  dan akan  meningkatkan prestasi sekolah .

2. Meningkatkan Motivasi

 Pelatihan yang dilakukan dengan baik dan efektif dapat meningkatkan motivasi para guru dan staf disekolah   secara keseluruhan. Guru dan Staf yang merasa dihargai dan didukung oleh sekolah  akan merasa lebih termotivasi untuk bekerja keras dan memberikan hasil yang terbaik. Selain itu, pelatihan juga dapat memberikan rasa percaya diri kepada para guru  dalam menjalankan tugas mereka.

3. Meningkatkan produktifitas

 Dengan memperkuat keterampilan dan memperbaiki proses mengajar  melalui in-house training, guru dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efisien dan efektif. Selain itu, guru  juga dapat belajar bagaimana cara memprioritaskan dan menangani tugas dengan tepat waktu sehingga dapat meningkatkan produktivitas kegiatan disekolah.

4. Meningkatkan budaya positif  sekolah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline