Lihat ke Halaman Asli

Asep Ariyanto

Mahasiswa

Kapan Puasa 2023 Dilaksanakan? Ini Dia Jawabannya

Diperbarui: 5 Desember 2022   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kapankah Puasa 2023 di laksanakan? Ini Dia Jawabannya.

Sebagai salah satu rukun islam, puasa adalah sebuah amalan yang diwajibkan kepada seluruh umat Muslim, terkecuali bagi yang memiliki halangan secara syar'i. Maka dari itu, tak heran apabila umat Muslim mencari tahu kapan datangnya puasa Ramadhan yang akan datang. Nah, artikel ini akan memaparkan kapan puasa 2023 akan terjadi.

Saum atau shiyam adalah bahasa dari arab yang artinya bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan shiyam, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Puasa merupakan salah satu rukun islam yang ketiga setelah shalat dimana hukumnya adalah wajib, perintah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan tercantum dalam surah al- Baqarah ayat 183 :

Artinya:
"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kalian bertaqwa" (QS. Al- Baqarah 183)

Kapan Puasa 2023 Akan Terjadi?

Jika kita lihat Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 yang dipublikasikan  pada 11 Oktober 2022, Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan pada tanggal 22-23 April 2023.

Apabila puasa Ramadhan biasa dilaksanakan selama 29 atau 30, maka puasa Ramadhan 2023 akan dilaksanakan antara tanggal 20-22 Maret 2023?

Walaupun belum ada keputusan secara resmi kapan puasa Ramadhan 2023 akan datang, namun dengan patokan di atas, kita dapat berancang-ancang terlebih dahulu untuk mempersiapkan kedatangan bulan suci ramadhan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline