Lihat ke Halaman Asli

Asep Ilham

Mahasiswa

Kemiskinan Meningkat, Bagaimana Cara Mengentaskannya?

Diperbarui: 17 Februari 2023   19:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Penasultra.com

Tulisan sebelumnya yang membahas mengenai kemiskinan struktural, kemiskinan yang menjerat, kita sudah bahas apa itu kemiskinan dan penyebabnya, yang belum membaca boleh di baca terlebih dahulu di artikel sebelumnya

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengentaskan kemiskinan khususnya di Indonesia, dimana kita ketahui bahwa kemiskinan adalah salah satu masalah yang belum terselesaikan di Indonesia ini, berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, namun masih saja kemiskinan belum terselesaikan.

Apalagi kemiskinan pada september 2022 yang merupakan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang rilis pada 16 Januari 2023, menyatakan bahwa kemiskinan di Indonesia naik 0,03% dari Maret 2022, dari 26,16 juta menjadi 26,36 juta penduduk. 

Hal tersebut tidak terlepas dari dampak pandemi, yang mana perekonomian masih belum stabil sehingga angka kemisikinan terus mengalami kenaikan, ditambah isu resesi di tahun 2023 ini membuat kekhwatiran bagi khalayak umum dalam melakukan transaksi ekonomi, serta berbagai perusahaan dan start up juga banyak melakukan PHK terhadap pekerjanya.

Mengenai resesi ini sebagaimana di kutip dari laman kpbu.kemenkeu.go.id  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa ancaman resesi dan perlambatan ekonomi global pada tahun 2023 bukanlah tantangan yang mudah, terutama akibat ketegangan geopolitik yang berimbas pada disrupsi rantai pasok global berpotensi berimbas pada perekonomian domestik. Disamping tantangan geopolitik dan resesi ekonomi tersebut, Ia mengatakan dunia juga menghadapi tantangan perubahan iklim yang akan sangat mempengaruhi keuangan negara, perekonomian, dan kesejahteraan rakyat.

Karena hal tersebut bisa saja kemiskinan di Indonesia mengalami kenaikan di tahun 2023 ini. Oleh sebab itu mari kita bahas bagaimana cara untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia, agar angka kemisikinan tidak lagi meningkat.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah seperti pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Langsung Non-tunai, dan bantuan-bantuan lainnya. Namun bantuan-bantuan tersebut terkadang kurang tepat sasaran dalam pemberiannya, dimana sasaran bantuan tersebut diperuntukan untuk masyarakat kurang mampu, tetapi ketika dilapangan penerima bantuan adalah mereka yang mampu, sedangkan masyarakat yang  benar-benar tidak mampu terkadang tidak mendapatkannya, maka ketika bantuan-bantuan disalurkan hal yang harus diperhatikan adalah pembagian harus tepat sasaran.

Adapun cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia, sebagaimana dikutip dari tulisan Dhani Kurniawan berjudul Kemiskinan di Indonesia dan Solusinya.  Diantaranya yaitu

1. Pembangunan Sektor Pertanian

Indonesia merupakan negara agraris, dimana masyarakatnya banyak yang bekerja di sektor pertanian, maka pembangunan pada sektor pertanian ini sangatlah harus dilakukan untuk meningkatkan perekonomian petani. Dengan pembangunan sektor ini, akan mengurangi angka kemiskinan, khususnya di pedesaan, yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline