Lihat ke Halaman Asli

Pisang Bolen Asarah's Enak di Semarang

Diperbarui: 28 Juni 2024   17:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

PISANG BOLEN dikenal pertama pada tahun 1970-an di Semarang, Jawa Tengah. Kue ini termasuk dalam kudapan atau camilan dan dibuat karena terinspirasi oleh pastel Belanda, yang mana perpaduan yang unik dari pisang, selai dan kulit pastry yang renyah dan gurih. Karena itu masyarakat Semarang membuat versi lokal menyesuaikan lidah orang Semarang yang mana awalnya berupa pastel berisi daging atau keju diganti dengan pisang dan selai coklat. Kombinasi dari pisang, selai coklat dan kulit pastry yang renyah ini menciptakan rasa yang lezat dan menggugah selera karena tekstur dari kue nya..

Dengan semakin banyaknya peminat PISANG BOLEN membuat beberapa UKM SEMARANG memproduksi kue tersebut. Salah satu UKM yang memproduksi PISANG BOLEN adalah PISANG BOLEN ASARAH'S SEMARANG. Kudapan atau kue ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas diantaranya bahan yang pertama adalah Pisang : Pisang yang digunakan beda dengan pada umumnya yang menggunakan pisang raja ayu, tetapi PISANG BOLEN yang satu ini menggunakan pisang ambon agar lebih keluar aroma harum dan manis sehingga lebih legit. 

Bahan yang kedua adalah selai coklat : selai yang digunakan adalah yang berkualitas premium dan mudah ditemukan di berbagai toko bahan kue sehingga bisa menjaga kualitas rasanya. Bahan yang keempat adalah keju cheddar. Bahan yang ke lima adalah kulit pastry : kulit pastry yang terbuat dari campuran terigu, margarin, telur, air dan garam sedikit. Semua bahan dicampur dan digiling sampai adonan menjadi kalis kemudian dipotong-potong tipis atau diukur dan ditimbang menyesuaikan ukuran yang diinginkan.

Dalam membuat PISANG BOLEN ASARAH'S SEMARANG ada beberapa cara yang kita lakukan. Cara yang pertama adalah lembarkan kulit pastry yang sudah ditipiskan, ambil pisang yang sudah dipotong-potong dan ditata diatas kulit, menggunakan pisang ambon tidak perlu digoreng atau direbus dulu, karena bisa  langsung digunakan. 

Yang kedua adalah tambahkan selai coklat secukupnya, untuk lebih menambah legit PISANG BOLEN ASARAH SEMARANG ditambah dengan meises coklat, itu yang membuat hasil dari PISANG BOLEN ASARAH'S SEMARANG lumer di dalam. Yang terakhir adalah lipat jadi bentuk seperti amplop kemudian dioles dengan kuning telur dan siap dimasukkan ke dalam oven dan panggang sampai warna kecoklatan. Tidak lupa ditambah keju untuk varian yang ada kejunya.

PISANG BOLEN ASARAH'S SEMARANG mempunyai beberapa varian isi, yang terdiri dari pisang coklat, pisang keju dan pisang coklat keju.
Karena cita rasanya yang unik dan legit membuat wisatawan juga mencari PISANG BOLEN ASARAH'S SEMARANG sebagai salah satu oleh-oleh selain lumpia,bandeng dan wingko, dikarenakan mudah tuk mendapatkan nya sudah ada di google map dengan harga yang ramah di kantong membuat puas para pelanggannya yang selalu repeat order atau langsung datang ke tokonya.

PISANG BOLEN ASARAH'S SEMARANG menjadi salah satu makanan khas yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Semarang untuk dijadikan oleh-oleh. Kombinasinya yang unik antara pisang, selai coklat, meises, keju dan kulit pastry membuatnya menjadi camilan yang istimewa, gurih, dan lezat yang bisa dinikmati kapan saja dimana saja dan suasana apa saja dengan ditemani segelas teh hangat atau kopi hitam . 

Rasanya manis dan tekstur yang renyah di luar dan lumer di dalam dikarenakan perpaduan selai n meises membuatnya menjadi favorit orang banyak, baik di dalam kota maupun di luar kota. Tak jarang PISANG BOLEN ASARAH'S SEMARANG menjadi perbandingan dengan produk PISANG BOLEN yang sudah terkenal dan melegenda dari kota lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline