Lihat ke Halaman Asli

asa nadia

communication student

SEO dan SEM dalam Digital Marketing

Diperbarui: 6 Oktober 2021   11:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: vectorstock.com/33652038

Dalam mengoptimalisasi strategi marketing, SEO dan SEM merupakan dua hal yang berperan penting dalam mengupayakan agar konten menduduki peringkat atas pada mesin pencarian. Meskipun keduanya memiliki peran yang sama penting, namun SEO dan SEM memiliki pola yang berbeda.  

SEO VS SEM 

SEO 

SEO (Search Engine Optimize) merupakan upaya mengoptimasi konten maupun website untuk mendapatkan peringkat atas pada search engine result. 

Kata kunci menjadi fungsi dasar dari SEO dalam optimalisasi pencarian ketika seseorang menggunakan kata kunci tertentu. Dengan demikian pemilihan kata kunci memainkan peran utama. 

SEO berfungsi meningkatkan traffic organic memaksimalkan pencarian dengan dana yang lebih rendah. Judul juga memiliki peran penting mengoptimalkan SEO. Hal ini akan membantu pengguna dan search engine mengklasifikasikan konten yang dicari. 

SEM

SEM (Search Engine Marketing) merupakan teknik dalam digital marketing yang bertujuan meningkatkan kunjungan website atau menggunakan iklan (Ads) pada search engine

Dengan demikian SEM menggunakan Google Ads dengan pemasangan iklan yang diharuskan membayar setiap kali klik oleh visitors atau yang disebut dengan Pay Per Click (PPC). 

SEM merupakan implementasi dari semua langkah pemasaran yang dilakukan perusahaan di search engine untuk meningkatkan layanan produk dalam persepsi pelanggan. Sehingga hasil SEM lebih tepat sasaran. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline