Lihat ke Halaman Asli

asa nadia

communication student

8 Prinsip Penulisan Naskah Digital

Diperbarui: 15 September 2021   00:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: dribbble.com illustration by Charly Celements

Seorang yang gemar menulis tentu akan mencari refrensi bentuk tulisan yang dia suka, membaca lebih banyak, dan berlatih tanpa henti. Dengan berlatih akan memberikan gambaran tentang bentuk tulisan yang kita inginkan dan menjadikan tulisan yang menarik bagi pembaca. 

Menjalani proses menulis engga sesingkat kelihatannya, lho! dimulai dari pra-menulis, menulis, mengedit, merevisi, dan mengevaluasi menjadi perjalanannya yang menyenangkan dalam proses menulis. 

Dalam buku Brian Carrol yang berjudul "Writing For Digital" disebutkan bahwa penulisan naskah digital yang baik terdiri dari 8 prinsip dibawah ini, nih! 

1. Singkat dan Jelas 

Tulisan yang dibuat dengan singkat dan jelas akan memudahkan pembacanya mencapai informasi yang diinginkan. Pembaca akan lebih memahami tulisan yang disampaikan secara singkat dan tidak bertele-tele. 

2. Tepat 

Pemilihan kata yang tepat menjadi aspek yang penting bagi penulisan, dengan demikian maksud yang hendak disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca, maka pemilihan diksi penting diperhatikan. 

3. Penggunaan kalimat aktif 

 Kalimat pasif juga lebih sulit dibaca dan dihindari dalam penulisan digital. Melalui penyampaian kalimat aktif dinilai lebih bernyawa dimana pembaca merasa memiliki maksud yang sama dengan pesan yang disampaikan.

4. Imajinatif 

Penulis dapat memperkaya tulisan dengan gaya bahasa anologi atau metafora dalam menyampaikan pesan agar pembaca lebih tertarik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline