Lihat ke Halaman Asli

Asalaja

Penulis Cerpen Pemula

Top Speed Kawasaki Ninja ZX25R Diklaim Tembus 202 Km per Jam

Diperbarui: 28 Mei 2022   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kawasaki Ninja ZX-25R tidak henti-hentinya jadi bahan perbincangan. Belum lama ini, motor sport 250cc 4-silinder tersebut sukses menembus top speed 202 km per jam, dengan keadaan mesin standar. Ya, Trickstar baru saja meluncurkan hasil pengembangan sosok Kawasaki Ninja ZX-25R yang dibenamkan sistem turbocharger.

Motor yang jadi "korban" custom performa ala workshop balap ternama Jepang tersebut merupakan otot yang hasil dyno- nya berhasil menembus power maksimum 37,22 PS dan mulanya hanya dapat digeber hingga top speed 180 kilometer per jam GPS (87 km/jam On-speedometer) oleh pembalap profesional yang pernah menjuarai ARRC AP250 Yamamoto. Untuk sekedar diketahui bahwa harga motor Ninja ZX25R standard di pasar Indonesia berkisar antara Rp.102.200.000 untuk OTR area Jakarta. Harga tersebut berbeda untuk tiap daerah di Indonesia.

"Kawasaki Ninja ZX-25R adalah sebuah sepeda motor sport bermesin 249 cc (15,2 cu in) dengan konfigurasi 4 silinder segaris yang diproduksi oleh Kawasaki di Indonesia dan Thailand sebagai penerus dari Ninja ZX-2R/ZXR250 yang diproduksi antara tahun 1988 dan 1997. Sepeda motor ini pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 dan diluncurkan pada tanggal 10 Juli 2020". Dikutip dari Wikipedia tentang Kawasaki Ninja ZX25R.

Kawasaki Ninja ZX-25R Plus Turbo 70PS, Tembus Top Speed 217,85 Kilometer per Jam GPS

Tentunya, tidak terdapat turbo kit yang tersedia untuk mesin 250cc 4 silinder ZX-25R. Oleh sebab itu, Trickstar melakukan semacam trial and error di dalam membuat sistem turbocharger pada mesin tersebut.

Cukup banyak eksperimen yang dilakukan demi memilih turbin serta membangun kembali sistem intake-exhaust, output ke roda bagian belakang. Ketika setup pada tahap pertama turbo rampung, power maksimum langsung melesat naik hampir 13PS atau lebih tepatnya mencapai 58,79ps.

Trickstar jelas merasa tidak puas terhadap hal ini. Akhirnya mereka pun mengembangkanya lain ditambah dengan beberapa pembaruan (update) custom di partisi lain. Misalnya seperti pada penambahan 1 paking antara kepala silinder dan silinder guna mengurangi perbandingan (rasio kompresi. Rantai penggerak merupakan DID dengan rasio sprocket 15/43 (standarnya yaitu 14/50), knalpot trickstar, dan bahkan tanpa hadirnya intercooler.

Nah, seperti yang di reportase Young Machine, hasil akhir daripada pengembangan Kawasaki Ninja ZX-25R turbo oleh Trickstar tersebut ketika dikemudikan kembali oleh Yamamoto yaitu tembus top speed on speedometer 225 kilometer per jam atau dengan menggunakan alat ukur yang berbasis GPS tembus 217, 85 kilometer per ja.

Merasa kurang puas dengan hasil empirik di trek, akhirnya Trickstar pun melakukan pengukuran di bench dynamometer atau mesin dinamo. Untuk hasilnya pun luar biasa, power maksimum tersebut tembus pada angka 69,13 PS. Naik sejauh 1,6 PS dari setup yang sebelumnya atau melesak naik amour 33 PS dari ZX_25R standar.

Test Dilakukan di Sirkuit Oval

Untuk pengujian tersebut dilakukan pada truk tertutup, yakni di sirkuit milik Japan Automobile Research Institute (JARI) yang bentuknya oval dengan panjang mencapai 5.000 meter.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline