Motor matic terbaru Honda Jepang Giorno telah meluncur dengan keunggulannya dari segi desain juga konsumsi bahan bakarnya. Bahkan jika dibandingkan dengan Honda Beat, Giorno diklaim lebih irit. Desainnya yang khas lebih retro dan berbeda pada tarikan gas yang lebih membulat. Dengan gaya skuter matik nan klasik membawa sebuah pembaruan yang menawan dan mulai di jual di Jepang pada 20 Januari 2022.
Terkait produsen motor tersebut, Honda memang sudah terkenal sebagai merk produsen motor yang sudah mendunia. Tidak hanya di pasar Asia Pasifik, Honda juga turut merajai pasar Amerika, juga di Amerika Utara.
"Honda merupakan pabrikan Jepang pertama yang meluncurkan merek mobil mewahnya, menggunakan merk Acura untuk mobil mewahnya di Amerika Utara. Mobil Honda terkenal dengan daya tahan dan jarang rusak. Honda di Indonesia paling terkenal dengan sepeda motornya". Dikutip dari Wikipedia tentang Honda Company.
Si Mungil Motor Terbaru Honda Jepang Giorno Teririt
Giorno juga unggul dalam segi konsumsi BBM. Bahkan bisa tembus 73 km per liter. Mungkin banyak yang penasaran kenapa Giorno cukup irit untuk perjalanan. Jika menilik secara detail, motor gaya retro ini memakai mesin dengan kapasitas 50cc. Jika dibandingkan dengan Honda BeAt 110 cc tentu beda dua kali lipat.
Menurut laman resmi Honda Jepang, Giorno memiliki mesin yang mampu memuntahkan tenaga hingga 4,4 dk pada 8000 rpm. Sehingga torsi maksimalnya 4,1 Nm pada 6000 rpm. Hanya saja jika dibandingkan dengan Scoopy, untuk urusan efisiensi bahan bakar, Giorno lebih unggul.
Melalui pengujian, mesin motor terbaru Honda Jepang ini memiliki efisiensi bahan bakar hingga 73-80 km/liter sedangkan Scoopy 59 km per liternya. Sisi lain penggunaan rem depan masih menggunakan rem tromol sehingga konsumen tidak mempermasalahkan soal tampilan. Apalagi jika disandingkan dengan Honda Beat yang hanya dengan metode ECE R40 menghasilkan 60,6 km/per liter saja dengan fitur ISS on. Sehingga Giorno masih berada di posisi teratas masalah keiritannya.
Giorno Memenuhi Pasaran Jepang
Sayang memang, Giorno ini hanya di jual di Jepang dan belum masuk pasaran ASEAN atau Indonesia. Cek juga daftar motor terbaru Honda Indonesia untuk mengetahui daftar motor yang paling terbaru produksi Honda di pasar Indonesia. Motor Giorno di Jepang ini cukup proporsional dengan bodi panjang 1650 mm, lebar 670 mm dan tinggi 1035 mm. Untuk Ground clearance 105 mm dan tinggi jok motor 720 mm.
Di Jepang motor tersebut bisa menampung bahan bakar 4,5 liter dengan sistem suplai bahan bakar mengusung injeksi PGM FI paling irit. Terkait dengan keiritannya, tentu motor terbaru Honda Jepang juga dibanderol dengan harga cukup sebanding. Bahkan harganya menyentuh 209.000 ribu yen Jepang atau Rp 25 jutaan. Sedangkan Scoopy yang terjual di Indonesia hadir dengan harga mulai dari Rp 20,475 juta.
Pabrikannya ingin menunjukkan ketangguhannya di Jepang. Torehan apik konsumsi BBM tidak lepas dan rancangan mesinnya. Silinder 50 cc 4 tak SOHC pendingin udara dan pengabut injeksi berteknologi eSP merupakan racikan yang mampu menghempaskan tenaga maksimal.