Lihat ke Halaman Asli

Asalaja

Penulis Cerpen Pemula

Apa Akibatnya Jika Motor 2 Tak Kehabisan Oli Samping?

Diperbarui: 4 Desember 2021   01:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Oli samping pada motor 2tak merupakan salah satu komponen paling penting. Hal ini perlu Anda ketahui terutama para pemula yang baru menggunakan motor 2tak. Di motor 2tak sudah dibekali sistem pompa oli samping serta tabung penyimpanan olinya. Tabung oli tersebut biasanya terletak di balik tebeng sebelah kanan dibawah jok.

Banyak orang pengguna motor 2tak yang sampai lupa menambah olinya sehingga membiarkannya sampai habis. Hal ini perlu segera untuk ditangani. Pertimbangkan untuk selalu mencari review rekomendasi oli 2 tak terbaik menurut para rider. Seberapa penting oli samping untuk motor 2tak? Nah jika Anda belum tahu tentang hal ini, sebaiknya simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

Motor 2tak berbeda dengan motor 4tak karena jenis motor 2tk ini memiliki dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli samping.

Kedua jenis oli ini memiliki tugas masing-masing yaitu:

Oli Mesin

Oli mesin pada motor 2tak hanya berguna untuk melumasi bagian transmisi atau gear rasio serta melumasi bagian kampas kopling. Pelumas mesin ini juga tidak mempunyai pengaruh besar pada motor. Jika Anda tidak menggantinya beberapa bulan tidak masalah, selagi oli mesin tersebut masih ada.

Oli Samping

Peran oli samping ini sangat berpengaruh pada mesin. Karena tugasnya adalah melumasi bagian piston serta stang piston. Jadi jika kedua ini mengalami aus akibat kekurangan oli samping akan membuat mesin macet atau ngancing sehingga membuat bagian puring baret. 

Bahkan jika dibiarkan hal ini juga dapat membuat rumah piston menjadi pecah. Maka dari itu sebelum semua itu terjadi, sebaiknya untuk selalu memperhatikan oli samping pada motor 2tak.

Jika ada kendala pada pompa oli, masih ada cara lain untuk mengatasinya secara sementara yaitu mencampur bensin dengan oli samping. Namun, sebaiknya gunakan cara tersebut hanya untuk sementara dan jangan gunakan secara berkepanjangan. Karena hal itu juga tidak bagus untuk mesin.

Pada intinya Oli samping pada motor 2tak jangan sampai kekurangan apalagi sampai kehabisan. Karena jika semua itu terjadi, dapat dipastikan motor Anda akan turun mesin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline