Lihat ke Halaman Asli

Jogja di Dalam Jogja

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13882872002015850159

Masa liburan telah tiba, kemanakah rencana liburan anda? Ada yang mau ke Jogja? Namun, jika anda pergi berlibur Ke Jogja, tempat manakah yang anda tuju? Pantai Parangtritis? Candi Prambanan? Atau berbelanja di Malioboro? Yak, tempat-tempat tersebut terasa sudah terlalu “biasa” bagi para wisatawan, terutama wisatawan lokal. Kota Yogyakarta memang terkenal akan wisata pantai dan kebudayaan yang tersebar dari ujung ke ujung. Namun, pernah kah anda mendengar suatu daerah bernama Kotagede?

Yuuup, Kotagede adalah nama sebuah kecamatan di pinggiran Kota Yogyakarta, walaupun namanya Kotagede atau kota yang besar, namun tempat ini sebenarnya cukup kecil. Secara geografis, Kotagede masih berada dalam naungan Pemkot Yogyakarta walaupun Kotagede sendiri terletak di perbatasan antara kodya Yogyakarta dengan Kabupaten Bantul. Tempat ini berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota, jadi tidak terlalu jauh bila anda dari Malioboro. Anda juga bisa menaiki bus TransJogja atau naik andong untuk menuju ketempat ini. Di Kotagede juga sering dipakai untuk syuting Film seperti “Sang Pencerah”maupun beberapa syuting FTV yang berlatar belakang ditempat ini.

Ada apa saja di Kotagede? Di Kotagede ini, anda bisa menemukan puluhan kios yang menjual berbagai macam kerajinan yang berbahan dasar perak. Perak? Yak, Kotagede ini termasuk salah satu pusat kereajinan perak Di Indonesia. Di sini, andabisamendapatkan diskon yang besar untuk setiap pembelian cincin atau kerajinan lain. Diskon mulai 30% - 60% akan anda dapatkan, menggiurkan bukan? Bahkan anda bisa memesan untuk mengukir nama anda dan pasangan anda secara gratis bila memesan sepasang cincin. Tidak hanya cincin, pengrajin perak Di Kotagede juga membuat berbagai macam miniature, sperti andong, becak, keris bahkan candi prambanan dan Borobudur bisa di pesan disini. Dibeberapa tempat, anda juga bisa melihat langsung cara pembuatan kerajinan tersebut, jadi selain membeli produknya, anda juga bisa mengetahui bahkan belajar cara membuat kerajinan tersebut. Sangat menarik untuk dicoba bukan? Anda juga bisa berbelanja batik dengan kualitas sedang maupun kualitas tinggi namun dengan harga yang bersaing Eiiittss, setelah anda berkeliling dan merasa capek atau lapar, anda bisa mencoba berbagai macam makanan khas dari Kotagede.

13882872961316907196

Ada berbagai macam makanan khas Kotagede yang bisa anda nikmati dengan harga yang ramah. Contohnya Kipo, makanan khas Kotagede yang satu ini memang agak unitk. Kipo sendiri terbuat dari adonan tepung ketan berwarna hijau yang di bentuk pipih lalau didalamnya dimasuskan kelapa muda bercampur gula jawa. Kemudian dipanggang dengan beralaskan piringan terbuat dari tanah liat dan rasanya enak dan maknyuusss. Kipo ini bisa anda dapatkan di pasa Kotagede atau di daerah Jalan Mondorakan. Selain kipo, Di Kotagede juga ada kue semacam kue bolu, namun berbentuk seperti bunga, namanya kue Kembang Waru. Kue ini biasa dibuat di daerah Bumen, namun juga dijajakan dipasar Kotagede. Untuk anda yang ingin melaksanakan ibadah sholat, anda bisa melaksanakannya di masjid besar Kotagede yang berada di sebelah selatan pasar Kotagede. Masjid ini berjarak sekitar 100 meter dari pasar. Selain anda melaksanakan kewajiban, anda juga sekaligus bisa mengunjungi bekas tempat pemandian raja mataram dan selir-selirnya di dalam kompleks masjid tersebut. Seru bukan?

Jika anda males dan bosan dengan suasana Malioboro yang macet, atau panas di candi Prambanan, anda bisa mencoba berkunjung ke Kotagede ini. Dan rasakan liburan berbeda disini. Happy Holidays..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline