Lihat ke Halaman Asli

Lumat Sociedad, Barcelona Perkokoh Posisi Puncak

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Bertanding didepan sekitar 70.000 penonton yang memadati stadion Camp Nou, Barcelona menampilkan permainan yang sangat memukau dan efektif. Tim asuhan Tata Martino ini menghentikan perlawanan Real Sociedad dengan skor 4-1, dimana gol Barcelona dipersembahkan oleh Neymar pada menit ke 5, Messi pada menit ke-8, sepakan Busquest pada menit ke-22 dan tambahan dari Marc Batra pada menit ke-77. Real Sociedad pun hanya bisa memperkecil kedudukan pada menit ke-64 lewat sontekan Alberto De la Bella. Dengan kemenangan ini, Barcelona teteap kokoh di puncak klasemen La Liga dengan mengumpulkan 18 point dari 6 laga, atau menyapu bersih semua laga yang mereka lakoni. Sedangkan Real Sociedad tetap berada di peringkat ke-10 dengan 6 point.

Babak pertama

Seperti biasa, Barcelona langsung mengambil inisatif serangan. Namun, pada awal laga Real Sociedad mampu sedikit banyak mengimbangi permainan Barca. Bahkan pemain Sociedad mampu membahayakan gawang Valdes, tetapi tembakan masih membentur mistar. Lewat serangan yang sangat rapi, Barcelona mampu membuka keran gol mereka lewat kaki Neymar. Berawal dari terobosan brilliant Alexis Sanchez yang menyusuri sisi kanan pertahanan Sociedad, ia mampu memberikan umpan manis kepada Neymar dan tidak disia-siakan oleh pemain Timnas Brazil tersebut. Selang 3 menit kemudian, giliran Messi menunjukkan kualitas tingkat dunia dengan membobol untuk kedua kalinya gawang Sociedad. Neymar yang berlari dari sisi kiri gawang Sociedad memberikan umpan manis kepada Messi, ia pun langsung menyambut umpan tersebut dengan sundulan cerdasnya, Barca-pun unggul 2-0. Tak puas dengan 2 gol, Barca pun menambah lagi pundi-pundi golnya lewat sepakan keras kaki kiri Sergio Busquest yang berawal dari kemelut di depan gawang Sociedad, kemudian bola diumpan Iniesta ke Busquest, ia pun langsung menendang keras dan langsung meluncur dengan mulus ke gawang Sociedad, Barcelona-pun unggul 3-0. Sociedad bukannya tanpa peluang, penyerang mereka mampu membahayakan gawang Valdes, namun dapat ditepis dengan cemerlang oleh Valdes. Babak pertama ini pun diakhiri dengan skor 3-0. Seperti biasa, Barca memegang kendali penuh pada babak ini hingga ball possition 65% berbanding 45 %.

Babak kedua

Pada awal babak kedua, tempo pertandingan sedikit menurun. Namun, Barca tetap memegang penuh kendali pertandingan. Messi pun langsung beraksi membahayakan gawang Sociedad dengan berlari sendiri kedepan gawang Sociedad, namun masih kalah cepat dari kipper Sociedad. Pada menit ke-58, Alexis Sanchez hampir menyempurnakan penampilan malam itu andai saja tembakannya tidak melambung dari mistar gawang. Akhirnya usaha pemain Sociedad menghasilkan sebuah gol lewat Alberto De la Bella pada menit ke-64. Skor-pun berubah menjadi 3-1 tetap untuk keunggulan Los Cules. Rotasi-pun dilakukan kedua pelatih agar tetap bisa menjaga kebugaran pemainnya, Pedro yang masuk menggantikan Neymar langsung beraksi dengan membahayakan gawang Sociedad, namun masih melambung tinggi. Pemain pengganti Barca, Marc Batra, menggenapkan keunggulan Barcelona menjadi 4-1 setelah memanfaatkan umpan tarik dari Lionel Messi apda menit ke-77. Pedro kembali beraksi, namun masih saja dapat dihadang oleh pertahanan Sociedad yang sangat rapat. Pada menit ke-80 Sergi Roberto masuk menggantikan Lionel Messi untuk memberi kesempatan kepada pemain muda hasil didikan La Masia tersebut menunjukkan aksinya. Namun, hingga akhir laga tidak ada lagi gol tercipta baik dari kubu Barcelona maupun Real Sociedad. Pertandingan berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan tuan rumah. Dengan hasil ini, Barcelona melanjutkan hasil positif mereka dengan menyabet semua point dari 6 laga yang sudah dijalani. Visca Barca!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline