Lihat ke Halaman Asli

Ary Gunawan

Penikmat Buku, Pecinta Robotika, dan Pemerhati Pendidikan

SMA Kolombo Yogyakarta Kembangkan Pembelajaran Berbasis IT

Diperbarui: 11 Mei 2024   05:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Peserta Workshop (Dok. Pribadi)

SMA Kolombo Yogyakarta melaksanakan kegiatan workshop penguatan implementasi kurikulum merdeka pada Jumat (10/05) bertempat di aula sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk in house training (IHT) implementasi kurikulum merdeka dan peningkatan proses dan layanan pembelajaran. Salah satu topik yang diangkat adalah digitalisasi sekolah melalui pembelajaran berbasis information technology (IT). 

Kegiatan berbagi praktik baik (best practice) pengelolaan digitalisasi sekolah diisi oleh Ary Gunawan, Wakil Kepala SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) Bidang Kurikulum. Dalam paparannya, Ary menyampaikan pengalaman implementasi digitalisasi sekolah, khususnya terkait pengelolaan Learning Management System (LMS) dan pengembangan bahan ajar interaktif berbasis modul digital. 

"Pengelolaan digitalisasi di SMP Mugadeta memaksimalkan free resource yang tersedia seperti domain sekolah dan akun belajar.id yang diberikan Kemendikbudristek. Harapannya mudah digunakan dan meminimalisasi pembiayaan dengan tidak mengurangi esensi utama pembelajaran." Demikian disampaikan Ary.

Dalam kesempatan ini, Ary juga berbagi tentang pengembangan jejaring internasional dan penguatan branding dan promosi sekolah melalui kanal media dan publikasi online. Berbagai program kolaborasi internasional akan coba dikembangkan oleh SMA Kolombo, termasuk penjajakan kerjasama dengan kampus luar negeri.

"SMA Kolombo akan terus meningkatkan pelayanan pendidikan. Dengan demikian diharapkan sekolah yang ada di Perguruan Islam Kolombo dapat maju bersama dan hebat semua." pungkas Sukarsono, S.Pd., Kepala SMA Kolombo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline