Hampir sepekan penulis tidak dapat melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran di sekolah dikarenakan cedera pada lutut yang mengharuskan rehat sejenak untuk pemulihan. Namun, tanggung jawab sebagai seorang guru tidak boleh terabaikan.
Meskipun tidak bisa hadir secara fisik ke sekolah dan bertemu murid di ruang kelas, aktivitas pembelajaran harus tetap berjalan, tentunya dengan berbagai penyesuaian dan dukungan dari rekan sejawat di sekolah.
Berbekal dipaksa oleh pengalaman selama pandemi melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh, penulis berusaha menerapkannya dalam kondisi yang tidak biasa ini. Penulis berusaha melakukan skenario pembelajaran dalam bentuk Kegiatan Mandiri Terstruktur dengan menerapkan kegiatan kolaboratif di kelas dengan pendampingan fasilitator guru piket dan guru jaga di sekolah.
Penulis selaku guru IPA di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman (SMP Mugadeta) menyiapkan berbagai media dan strategi pembelajaran, diantaranya alur belajar dalam bentuk Google Slides, Teka Teki Sains, dan Gamifikasi Pembelajaran melalui Quizizz yang semuanya dapat dipantau dari jarak jauh.
Kegiatan Mandiri Terstruktur
Murid sering beranggapan ketika guru tidak hadir dan memberikan aktivitas belajar selalu disamakan dengan "tugas" yang memaksa mereka mengerjakan materi atau soal.
Penulis berusaha mengurangi persepsi tersebut dengan menuliskan alur kegiatan belajar, dimana fase pembelajaran yang dilalui murid (dengan didampingi oleh guru lain) tetap berjalan sesuai skenario pembelajaran (sering disebut RPP).
Tentunya terdapat perbedaan, dimana interaksi yang terbangun antara guru dan murid tentu berbeda dengan ketika bertemu langsung bersama guru.
Dalam format kegiatan mandiri terstruktur, pengalaman belajar murid sedemikian rupa diarahkan oleh guru melalui fase pembelajaran yang diharapkan untuk mencapai tujuan pembelajarannya, bukan sekedar mengisi jam kosong karena tidak guru berhalangan hadir. Proses belajar mandiri ini harus mampu menambah keterampilan murid dalam mempelajari materi maupun menambah pengalaman belajar.