Lihat ke Halaman Asli

Arya Pradana Budiarto

Jurnalis Independent / Dokter Olahraga / Doping Control Officer / Travel Business / Lecturer

Mengejar Sang Aurora di Murmansk Rusia

Diperbarui: 22 Juni 2022   11:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sang Aurora yang gagah menjadi latar sebuah pemandangan indah di Murmansk. Sumber foto : Dokumen pribadi



Menunggu sang Aurora di suhu -40 derajat celcius Khas kota Murmansk Rusia

Murmansk, Rusia

Murmansk, Ya, kota terbesar di dunia dalam lingkaran arktik ini memang tidak seterkenal Moskow, Saint Petersburg, Kazan, atau Yekaterinburg di Rusia. Tapi sejak banyak tinggal di Rusia kota ini selalu menjadi kota yang sangat spesial bagi penulis. Karena di kota inilah ketika kita ingin mencari aurora itu berada. Murmansk memang bisa dibilang adalah denyut nadi Rusia di utara. Kota berpenduduk 337 ribu jiwa ini terletak di perbatasan Norwegia dan Finlandia. Banyak juga warga Norwegia dari kota Kirkenes datang berkunjung ke Murmansk untuk sekedar berjalan-jalan dan berbelanja.

Tugu tinggal di utara yang berada di pusat kota Murmansk, Rusia. Sumber foto : Dokumen pribadi

Tapi tidak berhenti disitu, disinilah tempat paling terkenal di Rusia untuk melihat Aurora. Ya, datanglah di musim dingin ke kota ini mulai bulan november hingga februari banyak sekali warga Rusia atau dari luar Rusia untuk berkunjung ke kota ini karena tidak lain tidak bukan mereka ingin mengejar dan mencari aurora. Murmansk yang terletak di teluk Kola ini memang tempat terbaik untuk melihat aurora.

Desa paling utara Desa Teriberka di lingkar Arktik. Sumber foto : Dokumen pribadi

Jika ingin melihat aurora maka pengunjung harus menyetir ke selatan murmansk mencari tempat yang sepi cahaya dari sinar gedung-gedung atau perumahan yang ada di murmansk. Jangan lupa sebelum pergi ke Murmansk untuk melihat aurora dipastikan dulu dengan aurora finder kapan hari terbaik melihat aurora dimana langit tidak tertutup awan tebal atau hujan salju. Selain ke selatan kota Murmansk banyak juga pengunjung yang menggunakan tur karena kebanyakan pemilik tur sudah tahu kapan aurora itu akan muncul. Peserta tur kebanyakan akan dijemput di kota lalu mereka akan dibawa ke tempat hunting aurora itu.

Bangkai kapal tua yang terdampar di desa teriberka dengan latar belakang laut Barents, samudera Arktik. Sumber foto : Dokumen pribadi

Selain ke selatan Murmansk, banyak juga yang mencari aurora ke desa paling utara di dunia yaitu teriberka. Ya desa yang terletak di pantai laut barents ini memang menjadi daya tarik utama jika adan berwisata ke Murmansk. Di desa ini terdapat banyak peninggalan bangkai kapal tua, bangkai tulang ikan paus yang besar serta anda bisa melihat keindahan laut barents atau samudera arktik di kutub utara yang sangat indah. Walaupun harus bertahan disuhu hampir -40 derajat tapi keindahan desa teriberka dan Murmansk akan selalu membuat anda takjub melihat sisi dunia yang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline