Lebih Populer Mana Klub serta Liga Rusia atau Klub serta Liga Indonesia dalam Perspektif Bisnis Sepakbola
Bicara soal sepakbola dan populer memang begitu sedap untuk dibicarakan. Ya, di era digital ini bisnis dan marketing untuk bisa menjadi populer adalah sebuah kemudahan serta keuntungan tersendiri.
Bicara populer tentu tidak bisa dipisahkan dari apa itu sosial media. Ya, Sosial Media saat ini memang menjadi magnet dunia, tidak terkecuali bagi klub sepakbola di dunia seperti di Indonesia maupun di Rusia.
Indonesia yang berada di Asia dan ikut konfederasi AFC dan Rusia yang berada di konfederasi UEFA memang sangat asyik untuk di ulas secara bisnis dan marketing sepakbola. Kenapa sangat Asyik?
Karena Ya, Sepakbola adalah sebuah industri dan bisnis bukan hanya soal pemain menendang bola saja ya "Football Lovers". Sosial media pun saat ini banyak tersedia baik dari yang gratis maupun yang berbayar dengan fitur-fitur menarik untuk menarik daya beli penggila sepak bola di dunia, sebut saja Instagram, Youtube, Facebook, Twitter dan LinkedIn praktis nama itu yang saat ini merajai persosialmediaan di dunia disamping ada nama-nama lain seperti VKontakte yang saat ini mungkin hanya laku dijual di Rusia dan negara sekitar Rusia.
Mari kita bandingkan di sosial media Instagram, Klub terpopuler di Asia berasal dari Indonesia yaitu Persib Bandung dengan jumlah pengikut hampir tembus 6 juta pengikut sementara di Rusia klub terpopuler masih dipegang oleh Zenit St. Petersburg dengan jumlah pengikut tidak lebih dari 800 ribu pengikut. Sangat jauh sekali bukan?
Tentu akan menjadi masalah bagi strategi marketing klub Rusia karena saat ini banyak sekali perusahaan besar ingin mengiklankan produk dan usahanya di Instagram atau sosial media Klub Sepakbola, tapi jika Klub Rusia yang paling populer dan paling bagus saja hanya diikuti oleh 800 ribu pengikut di Instagram tentu mana ada perusahaan besar dari luar Rusia yang mau mengiklankan produknya dan memberikan dana segar sponsor bagi tim Rusia itu.