PEMANFAATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
BERBASIS AUDIO VISUAL DAN KARTU CERITA
PADA PEMBELAJARAN IDE POKOK KELAS IV
Aryani Utami
SD NEGERI KEBONREJO 1 SALAMAN MAGELANG
PPG DALJAB KATEGORI 1 ANGKATAN TH 2023
A. LATAR BELAKANG
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu:
Motivasi belajar yang rendah
- Masih menggunakan metode ceramah
- Guru belum menggunakan media ajar yang menarik.
- Guru belum menerapkan model pembelajaran inovatif.
- Cara mengajar guru tidak menarik
- Guru kurang memberikan perhatian siswa
- Guru jarang mengajak siswa berdiskusi secara berkelompok dengan teman sebangku maupun beberapa siswa.
Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan media Kartu Cerita dan berbasis TPACK dapat dijadikan praktik baik karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok sebuah paragraf. Penulis ingin berbagi pengalaman dan memotivasi guru lain untuk menerapkan pembelajaran model Problem Based Learning.
B. TANTANGAN