Lihat ke Halaman Asli

Aryani Utami

Guru SDN Kebonrejo 1 Salaman

Pemanfaatan Model PBL dalam Pembelajaran Ide Pokok Kelas 4

Diperbarui: 21 Juli 2023   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PEMANFAATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

BERBASIS AUDIO VISUAL DAN KARTU CERITA

PADA PEMBELAJARAN IDE POKOK KELAS IV

Aryani Utami

SD NEGERI KEBONREJO 1 SALAMAN MAGELANG

PPG DALJAB KATEGORI 1 ANGKATAN TH 2023

A. LATAR BELAKANG

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu:

Motivasi belajar yang rendah

  • Masih menggunakan metode ceramah
  • Guru belum menggunakan media ajar yang menarik.
  • Guru belum menerapkan model pembelajaran inovatif.
  • Cara mengajar guru tidak menarik
  • Guru kurang memberikan perhatian siswa
  • Guru jarang mengajak siswa berdiskusi secara berkelompok dengan teman sebangku maupun beberapa siswa.

Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan media Kartu Cerita dan berbasis TPACK dapat dijadikan praktik baik karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok sebuah paragraf. Penulis ingin berbagi pengalaman dan memotivasi guru lain untuk menerapkan pembelajaran model Problem Based Learning.

B. TANTANGAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline