Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Lebih Dekat Kelurahan Gombengsari: Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif

Diperbarui: 14 Juli 2024   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto bersama Pak Lurah dan tamu undangan

kami selaku kelompok 1 KKN UNTAG Banyuwangi mengajukan izin untuk KKN di Kelurahan Gombengsari Pada tanggal 29 Juni 2024. disini kami bertemu dengan Lurah yang dimana selaku jabatan paling tinggi di Kelurahan Gombengsari. Adapun tema KKN dari PPPM Untag Bantuwangi yakni KKN PPMD (Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Desa). Dalam hal ini kami akan memberikan informasi sedikit mengenai Kelurahan Gombengsari baik dari kekayan alam serta UMKM yang ada.

foto bersama 1 kelompok bersama DPL

Kelurahan Gombengsari berdiri pada tahun 1999 yang dimana pemekaran dari Kelurahan Kalipuro, hal ini ditinjau berdasarkan peraturan Bupati Banyuwangi nomor 69 tahun 2011 Kelurahan Gombengsari merupakan perangkat daerah Kabupaten Banyuwangi yang berada di Kecamatan Kalipuro dan dipimpin oleh lurah yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada bupati melalui camat. "Sebelum adanya kelurahan yang baru pada tahun 2000 kelurahan gombengsari bertempat di Balai Lingkungan dan berpindah tempat ke kelurahan yang baru pada tahun 2009, ujar Pak Rt".

Kelurahan Lama/dokpri

Kelurahan Baru/dokpri

Kelurahan Baru/dokpri

Adapun beberapa wilayah yang termasuk dalam kelurahan Gombengsari yakni lingkungan gombeng, kacangan, lerek, dan suko. Kelurahan Gombengsari sendiri dipimpin oleh lurah dan perangkat kelurahan, adapun lembaga yang berada di kelurahan Gombengsari yakni posyandu, pokdarwis, poktani, PKK, LPMK yang dimana guna membantu pengembangan masyarakat dari berbagai sektor.

POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) merupakan sebuah organisasi dari perkumpulan anak muda yang mempunyai kepedulian serta kesadaran guna menggali dan mengembangkan SDM dan SDA yang ada guna melangkah maju melalui potensi yang ada di kelurahan Gombengsari. Adapun visi dan misi dari Pokdarwis sendiri yakni,

VISI: Terwujudnya Gombengsari menjadi destinasi wisata yang menarik, edukatif, dan berkelanjutan yang berbasis masyarakat.

MISI:

  • Menggali potensi SDA yang dapat mendukung destinasi wisata Gombengsari yang berkelanjutan, maju dan berkembang.
  • Mengembangkan destinasi wisata Gombengsari demi terciptanya lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui pintu pariwisata untuk peningkatan ekonomi masyarakat
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline